(Beritadaerah – Jepara)  Walaupun jumlah positif Covid menurun , namun Forum Gerakan Masyarakat (Germas)  tetaplah diminta untuk mendukung upaya pencegahan Covid-19 di Kabupaten Jepara Jawa Tengah.  Bukan saja itu,  mereka juga diharapkan turut  berperan mengajak masyarakat melaksanakan percepatan vaksinasi yang sedang digalakkan pemerintah.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Jepara Hartaya  menyampaikan hal ini  saat  workshop pemantapan Forum Germas Kabupaten Jepara, di Hotel D’Season, Bandengan, Kamis (11/11/2021). Menurutnya,    penting untuk ada  koordinasi yang baik dari  seluruh mitra kesehatan dalam mendukung pencegahan dan penanganan Covid-19. Forum Germas ini, melakukan  evaluasi serta penentu kebijakan yang efektif terkait Germas di Jepara.

Hal ini sangat penting  dilaksanakan karena, hingga 10 November 2021, masih ada lima kasus Covid-19 di Jepara.  Menunjukkan bahwa  pandemi tidak bisa diprediksi. Oleh karena itu, jangan bosan kita   meningkatkan imun dan aktivitas fisik.

Sehubungan dengan  pelaksanaan vaksinasi,  Hartaya memberikan penghargaan kepada Dinas Kesehatan Mewakili Bupati Jepara Dian Kristiandi dan timnya  yang telah bekerja keras mengejar vaksinasi kepada masyarakat. Sehingga, Jepara sudah mendekati pencapaian  ke Level 2 PPKM Jawa-Bali.

Disampaikan, hingga Selasa (9/11/2021), berdasarkan hitung manual, dari 922.450 target sasaran vaksin dosis satu, telah tercapai 443.870 orang (48,41 persen). Untuk dosis satu lansia dari target 99.211 orang tercapai 38.895 (39,02 persen).

Apa yang sudah dilaksanakan  ini diharapkan agar  terus terjaga dan ditingkatkan.  Bukan  hanya mengejar level 2, tapi akhir tahun 2021 target vaksinasi nasional 2021, sebesar 70 persen untuk membentuk kekebalan kelompok di Jepara dapat tercapai, demikian disampaikan oleh  Hartaya.

Untuk itu diperlukan kolektivitas dan sinergitas seluruh anggota forum Germas dalam usaha  preventif dan promotif untuk  menumbuhkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) harus diterima di masyarakat, karena salah satu yang mendukung penerapan protokol kesehatan (prokes).

Hartaya berharap, semua perangkat daerah, pemerintah desa, praktisi kesehatan, akademisi, pelaku usaha, lembaga keagamaan, dan organisasi kemasyarakatan, haruslah  mengoptimalkan tugas dan fungsi masng-masing  untuk mendukung Germas.

Semua   komitmen ini harus dijaga dan diimplementasikan   agar mewujudkan Jepara sehat.

Pada moment seperti ini , sekaligus diserahkan juga  hadiah pemenang lomba PHBS tingkat Kabupaten Jepara 2020.

 

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.