(Berita Daerah-Info Daerah)  Musim hujan telah tiba, beberapa daerah di tanah air yang rawan banjir menjadi perhatian dari Pemerintah daerah setempatnya dalam mengatasi bahaya banjir.  Seperti di kelurahan Air Raja, Tanjung Pinang, warga  diminta oleh Lurah Air Raja, Ibnu Roji agar tidak membuang sampah ke saluran air atau drainase di tempat tinggalnya.

Seperti di Kecamatan Tanjungpinang Timur, pada hari Selasa (9/11/2021) di Jalan  Sei Carang Centre depan SPBU Kilometer X, ditinjau oleh Lurah Air Raja, Ibnu Roji yang akan membenahi lokasi parit.  Lurah Ibnu menjelaskan terjadinya banjir dan genangan air disebabkan oleh sampah yang dibuang ke parit dan drainase sehingga saluran air itu tidak berjalan optimal.

Seperti perumahan Galaxi, Taman Seraya, Bunda Taman Harapan Indah, dan Taman Batu 10, adalah beberapa titik lokasi yang rawan genangan air saat musim hujan

Pihaknya bersama RT, RW dibantu masyarakat setempat sepakat agar dilakukan normalisasi parit seluas 6×1 meter yang menjadi jalur debit air hujan yang ditampung. Diharapkan dampak banjir di wilayahnya dapat berkurang dengan merealisasikan kegiatan ini

Rumput llalang serta sampah yang menyumbat parit  kondisinya sudah dangkal menyebabkan hujan deras tidak dapat ditampung sehingga melimpah ke jalan dan rumah warga.

Lebih lanjut Lurah Ibnu menyampaikan normalisasi akan secepatnya mulai dilakukan akan menggunakan alat berat yang sudah ada di lokasi, sekalipun cuaca hujan terus menerus.  PUPR pusat sebagai fasilitator akan melanjutkan yang dikerjakan oleh  dinas PUPR kota.

Lahan yang ada di pinggir parit sudah dihibahkan oleh pihak masyarakat sendiri, Dan pihak BPN sudah melakukan pengukuran ulang dari lahan warga mana saja yang  akan terkena saat melakukan normalisasi.

 

 

 

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.