(Bertitadaerah-Pekalongan) Himbauan diberikan Pemerintah Kota Pekalongan kepada masyarakat supaya waspada terhadap La Nina dan juga mengantisipasi potensi banjir pada musim hujan.

 

Melalui edaran BPBD Kota Pekalongan Nomor 0057 3854 himbauan disampaikan Kewaspadaan Dini La Nina dan Antisipasi Potensi Banjir serta menghadapi Musim Penghujan.

 

Ditekankan Sekda Kota Pekalongan, Hj. Sri Ruminingsih, SE supaya para lurah dan camat saat masuk pada musim hujan kali ini dapat menyiapkan langkah-langkah untuk mengurangi resiko La Nina dan banjir.

 

Hal yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi dan inventarisasi lokasi untuk memetakan potensi kerawanan dan potensi kebencanaan juga melakukan pemantauan dan monitoring secara berkala untuk mendeteksi dini kebencanaan.

 

Dikatakan Ning, nanti selain koordinasi dan konsolidasi bersama dengan TNI. Polri, OPD terkait, pemutakhiran data masyarakat yang berlokasi di daerah rawan bencana banjir dan angin juga perlu dilakukan.  Posko siaga akan disiapkan Kerjasama dengan TNI, Polri, Organisasi Masyarakat, Relawan dan masyarakat.

 

Diterangkan Ning , apabila sudah dilakukan identifikasi dan pemetaan wilayah, maka akan dipersiapkan jalur evakuasi, titik kumpul maupun titik pengungsian bila terjadi bencana

 

Ikut serta juga lurah dan camat untuk siaga sarana dan prasarana mendukung kebencanaan yang ada. Juga peranan dalam menyebarluaskan informasi kebencanaan kepada masyarakat perlu ditekankan, demikian dikatakan Ning.

 

Ditambahkan oleh Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekalongan, Saminta, Spd supaya masyarakat lebih giat lagi kerja bakti lingkungan sekitar, bersih sungai, bersih selokan, bersih pantai dan kegiatan pola hidup bersih sehat berbasis partisipasi masyarakat. Tidak membuang sampah sembarangan di selokan, sungai, dan saluran air sebab hal ini  sangat berdampak terhadap lingkungan.

 

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.