(Berita Daerah-Info Daerah) Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dengan Dekranasda, Bank Jatim dan media bekerjasama mewujudkan strategi pentahelix dalam membangun Kota Malang yang Bermartabat.
Melalui acara Malang Space 2021 yang dibuka oleh Wali Kota Malang Sutiaji pada hari Senin (8/11/2021) di Ngalam Command Center (NCC) Balai Kota Malang,
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang Muhammad Nur Widianto menjelaskan tujuan acara Malang Space 2021, agar informasi dan fasilitas pemasaran produk-produk UMKM dan pelaku ekraf di Kota Malang disebarluaskan melalui skema digital dan dukungan partner media, sebagai salah satu ikhtiar dalam pemulihan ekonomi pascapandemi.
Acara ini adalah ruang berbagi pengetahuan dan pendalaman bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Malang. Percepatan ekonomi Kota Malang melalui sektor UMKM dibantu dengan rangkaian program acara “Malang Space 2021”. Seperti yang dijelaskan oleh Wali Kota Sutaji, acara ini juga menjadi wadah promosi UMKM agar naik kelas.
Rangkaian kegiatan Malang Space 2021, yaitu pameran virtual dari 29 UMKM subsektor kuliner, kriya dan fesyen Kota Malang, webinar creative talkshow, Instagram competition berbagi pengalaman produk UMKM Kota Malang, kompetisi game PUBG dan eksibisi produk game lokal. Ruang pameran digital disediakan sesuai dengan kebutuhan UMKM dan ekonomi kreatif Kota Malang.
Sebagai platform pemasaran produk UMKM bagi peserta dapat mengakses website malangspace.id dimana acara ini tetap sampai satu tahun ke depan.
Acara Virtual Tour Launching dimulai pada 8 November merupakan rangkaian dari Malang Space, acaranya yaitu Virtual Expo 8-29 November 2021, Instagram Competition 8-22 November 2021, dan PUBG Comptetition 15-27 November 2021.
Lebih lanjut Diskominfo Kota Malang Muhammad Nur Widianto menyampaikan dampak signifikan yang telah dibawa pandemi COVID-19 pada berbagai sektor kehidupan, juga termasuk dunia UMKM dan pelaku ekonomi kreatif di Kota Malang.
Rangkaian Pameran Virtual, Talkshow Ekonomi Kreatif (Ekraf), Instagram dan Game Competition yang diberi tajuk ‘Malang Space 2021’ adalah respon terhadap situasi pascapandemi atas inisiatif dari Dinas Komunikasi dan Informatika berkolaborasi dengan Dekranasda Kota Malang, Diskopindag Kota Malang, Tribun Network, dan Bank Jatim Malang