(Beritadaerah –  Jakarta) Bandara Udara Halim Perdanakusuma (HLP)  oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) rencananya akan direvitalisasi, dengan tujuan untuk  meningkatkan faktor keselamatan penerbangan atau meminimalisasi kecelakaan penerbangan.

Karena begitu penting dan vitalnya fungsi bandara ini, namun terjadi penurunan kualitas elemen bandara terutama runway.

Pembahasan mengenai rencana ini secara intensif tengah dilakukan dengan berkoordinasi bersama Kementerian Pertahanan, , Sekretariat Negara, Kementerian PUPR, Angkasa Pura II, TNI Angkatan Udara, Kementerian  Keuangan serta pemangku kepentingan terkait lainnya.

Dirjen Perhubungan Udara ,  Kemenhub Novie Riyanto melalui keterangan tertulis, Jumat (5/11/2021), menjelaskan bahwa tim mereka  sedang mempersiapkan desain sisi udara , yang meliputi  rekonstruksi runway dan perbaikan sistem drainase.   Persiapan mengenai hal ini  sedang didiskusikan   dengan berbagai pihak,”

Novie juga menyatakan  bahwa saat ini mereka sedang membahas dan mempersiapkan berbagai segi yang  terkait dengan  akibat  dari proses revitalisasi ini, dimana  pembahasan tersebut memerlukan waktu kurang lebih satu tahun. Sebab ini bukan hal yang mudah karena menyangkut keselamatan nyawa manusia.  Yang terpenting adalah  untuk memastikan keselamatan, dan pelayanan terbaik dapat dipenuhi bagi seluruh masyarakat.

Sedangkan untuk rencana operasionalisasi dan lain-lain  akan disampaikan setelah pembahasan  atau diskusi bersama Kementerian dan Lembaga yang  terkait.

 

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.