(Beritadaerah – Martapura)  Mendukung penuh potensi unggulan Kabupaten Banjar di bidang Pertanian dan Perikanan,  Dua kecamatan di Kabupaten Banjar siap dilakukan penataan kawasan Pedesaan Agrominapolitan karena wilayah ini memiliki potensi unggulan yaitu di bidang pertanian dan perikanan. Adapun dua kecamatan itu adalah  Kecamatan Martapura di 4 desa dan Kecamatan Martapura Barat juga di 4 desa. Pelaksanaan  Rakor Pembangunan Kawasan Pedesaan Agrominapolitan Kabupaten Banjar tahun 2021, diselenggarakan  di pondok lesehan Kecamatan Karang Intan, Rabu (3/11/2021)

Yang hadir pada Rakor tersebut adalah  Bupati Banjar diwakili Asisten Bidang Pemerintahan serta  Kesra H. Masruri, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Banjar H.Syahrialludin, para kepala desa dan camat , pengurus Bumdesma  dan  pengurus Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) .

Masruri mengatakan bahwa  dua Kecamatan tersebut memang  benar wilayah yang banyak memiliki potensi unggulan, khususnya dalam bidang pertanian dan perikanan.

Dengan dua wilayah ini dijadikan kawasan agrominapolitan , maka wilayah ini sudah menjadi wadah untuk , hortikultura serta budidaya perkebunan dan budidaya perikanan serta pengembangan budidaya tanaman pangan,

Selain itu diharapkan juga bahwa  agrominapolitan ini nantinya juga harus menghasilkan  produk turunan dari hasil budidaya atau produk akhir. Dengan demikian  tujuan akhir dari kawasan agrominapolitan ini  adalah terjadi  peningkatan perekonomian bagi  seluruh masyarakat Kabupaten Banjar tanpa kecuali.

Masruri juga meminta kepada SKPD dan seluruh  pihak terkait  untuk terus bekerjasama  dengan baik dan ada koordinasi yang baik  dalam persiapan pembangunan kawasan pedesaan agrominapolitan, demi tercapainya tujuan Pemerintah Daerah.

Apabila dalam pelaksanaannya  masih mendapat permasalahan atau kendala, disarankan untuk diselesaikan secara bersama-sama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.