(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Semarak Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX Oktober 2021 yang lalu di Jayapura membawa dampak positif yakni mendongkrak penjualan berbagai makanan dan asesoris khas Papua di Pasar Hamadi – Jayapura.

Bagi yang belum mengetahui, Pasar Hamadi adalah pasar rakyat atau pasar tradisional, seperti layaknya pasar-pasar yang berada di kota besar. Bedanya pasar ini memiliki peran penting dalam perputaran roda perekonomian di Kota Jayapura.

Jika Anda berkunjung ke Pasar Hamadi yang buka hingga malam hari, akan menemukan berbagai jenis makanan khas masyarakat Papua. Namun ada juga beberapa makanan khas daerah Indonesia lainnya di Indonesia seperti Roa khas Manado, kue sagu khas Indonesia Timur, serta beraneka ragam kue khas Nusantara.

Nah, ini yang banyak dicari pengunjung, Pasar Hamadi menyediakan berbagai benda-benda seni khas Papua. Anda bisa temukan koteka, noken khas Wamena, patung totem khas Asmat, lukisan kulit kayu khas Danau Sentani, hiasan Cendrawasih khas Raja Ampat, tas kulit kayu, dompet kulit buaya, taring babi, pisau tulang kasuari, tameng, serta ukiran khas suku Papua.

Pasar Hamadi ini kabarnya sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dan menjadi pusat perdagangan masyarakat Jayapura hingga saat ini. Waktu itu masih bernama Hollandia.

Event Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX Oktober 2021 lalu, menurut para pemilik toko, berdampak positif terhadapperolehan omset penjualan barang-barang yang hampir dua tahun sepi akibat pandemi Covid-19.

Kesempatan berikutnya adalah pada perhelatan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI yang juga digelar di Papua. Para pemilik toko dan pengrajin berharap dapat meraih keuntungan seperti pada PON lalu.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani
Foto: Kemkominfo

Leave a Reply

Your email address will not be published.