(Berita Daerah-Jawa)  Latar belakang desa-desa di Indonesia sangat luar biasa, hal ini disampakan oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar.  Salah satunya di Desa Ranupani, Lumajang mempunyai adat-istiadat luhur, berbeda agama dan suku namun warganya tetap saling menghormati.

Pada pertemuan Menteri Abdul Halim Iskandar dengan Kepala Desa Ranupani dan tokoh-tokoh masyarakat dari BUMDes, Pokdarwis, tokoh adat dan warga Desa Ranupani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur Sabtu (30/10/2021), mengharapkan  tetap menjaga adat istiadat yang luar biasa ini sampai anak cucu nanti.  Tradisi lama yang masih bagus dipertahankan dan inovasi terus dilakukan untuk terobosan yang lebih bagus, dengan terus memegang metode membangun yang benar.

Desa Ranupani memiliki modal besar dari sisi budaya dan potensi alam yang ke depannya didukung oleh berkembangnya destinasi wisata.  Menteri Abdul Halim Iskandar mengharapkan agar Pemerintah Kabupaten Lumajang terus bersinergi dengan pihak pemerintah desa dan masyarakat setempat agar pembangunan wisata di Wilayah Ranupani dipercepat.  Dengan memanfaatkan potensi yang ada  disini yakni spot-spot alam yang bisa dijadikan destinasi wisata yang menarik.

Namun potensi Desa Ranupani yang luar biasa tersebut akan menjadi sia-sia jika tidak dimanfaatkan oleh warganya yang tidak inovatif.  Seperti yang ada sekarang dilihat terdapa sepeda gunung, alat pendakian, tenda, gamelan, rumah adat agar dijaga betul dan bisa memanfaatkan semaksimal mungkin.

Lebih lanjut kepada masyarat Desa Ranupani,  Menteri Abdul Halim minta supaya kearifan lokal dikedepankan dan dilakukan inovasi oleh masyarat dan adaptif terhadap perkembangan berbagai tren, sehingga wisatawan lokal dan mancanegara menjadi tertarik.

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.