(Beritadaerah – Jakarta) Dalam rangka usaha serentak untuk menyiapkan serta menggali  talenta emas nasional maka  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), mewujudnyatakan melalui  Lomba Kompetensi Siswa Nasional (LKSN) tahun 2021  bagi peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) maupun Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) yang dilaksanakan  dari tanggal 25 – 30 Oktober 2021.

Provinsi Jawa Tengah dinobatkan sebagai provinsi dengan perolehan medali terbanyak  dalam  lomba yang dikompetisikan pada LKSN SMK saat penyelenggaraan LKSN tahun 2021, yaitu dengan  16 medali emas, 13 medali perak, dan 4 medali perunggu. Sedangkan pada  bidang lomba PDBK, provinsi Jawa Tengah juga meraih predikat peraih medali tertinggi  dengan  4 medali emas serta 2 medali perunggu.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Vokasi (Diksi) Kemendikbudristek, Wikan Sakarinto  memberikan   apresiasi kepada orang tua maupun guru pendamping yang memberikan dukungan kepada para finalis. Selain itu,  Presiden Jokowi maupun Menteri Pendidikan, Kebudayan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) selalu mengingatkan  pentingnya pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di  bidang vokasi menuju generasi Indonesia Emas 2045. Dimana lomba ini adalah sarana  untuk mengasah keterampilan.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Puspresnas Asep Sukmayadi dalam laporan pelaksanaan kegiatan menyambut gembira  melihat antusiasme peserta kompetisi .  LKSN PDBK tahun 2021 mengangkat tema “Berinovasi untuk Kebangkitan Negeri, dengan  jumlah peserta LKS SMK tingkat nasional berjumlah 1.074 siswa dari 34 provinsi di 1.023 kabupaten/kota serta 1.068 sekolah, sedangkan LKSN PDBK, peserta yang mengikuti lomba adalah  265 siswa.

Kolaborasi dari  semua ekosistem pendidikan baik sektor pemerintah maupun sektor swasta menjadi faktor penting dalam kesuksesan penyelenggaraan  LKSN tahun 2021. Dimana LKSN ini ada 45 lomba , yang dikategorikan menjadi 6 kelompok, yaitu kelompok konstruksi, teknologi bangunan dan agribisnis; kelompok seni kreatif dan fashion; kelompok teknologi informasi dan komunikasi; kelompok teknologi manufaktur dan rekayasa; kelompok transportasi serta kelompok pariwisata, layanan sosial dan individual

Selanjutnya pada LKSN PDBK, ada 9 lomba yang dikompetisikan, yaitu membatik, kriya kayu, tata boga, kecantikan, kreasi barang bekas, merangkai bunga, menjahit, teknologi informasi, serta  hantaran,  Sedangkan,  dalam penyelenggaraan LKSN 2021 juga diikuti dengan kegiatan penunjang lainnya seperti pameran virtual, webinar, wawancara langsung secara virtual dengan mitra dunia usaha dunia industri (job matching online), dan berbagi pengetahuan (sharing knowledge).

Di akhir acara, diumumkan Provinsi Jawa Tengah sebagai juara umum LKSN SMK maupun LKSN PDBK tahun 2021 . Program ini sangat berguna untuk mengembangkan potensi dan mendapatkan anak2 muda kreatif yang secara tidak langsung dapat menyumbangkan kemajuan bangsa.

 

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.