(Beritadaerah – Surabaya) Dalam upaya membangkitkan kembali perekonomian khususnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terdampak pandemi COVID-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Surabaya menggelar pameran Surabaya Fashion Week (SFW).

Pameran ini berlangsung secara offline dan online, mulai dari tanggal 31 Oktober 2021 hingga 7 November 2021, di Atrium Grand City Surabaya, Jawa Timur. Pameran yang dilakukan menjelang akhir tahun 2021, diharapkan dapat memulihkan perekonomian UMKM. Rangkaian dari kegiatan SFW ini berupa Pameran UMKM, Fashion Show Bangga UMKM Surabaya, Fashion Show Designer Fashion Show Branded, Launching E-Peken Surabaya, hingga Awarding Pelaku UMKM.

Saat jumpa pers terkait dengan Pameran Surabaya Fashion Week 2021 di Balai Kota Surabaya pada hari Jumat (29/10), Ketua Dekranasda Kota Surabaya Rini Indriyani menyampaikan tujuan digelarnya SFW 2021 untuk meningkatkan percepatan pemulihan ekonomi UMKM, saat ini Kota Surabaya resmi menjadi PPKM Level 1.

“Saatnya kita bangkit, berjuang, dan bergotong-royong bersama. Pemkot Surabaya bersama Dekranasda, yang berkolaborasi dengan OJK dalam pameran Surabaya Fashion Week ini untuk meningkatkan percepatan pemulihan ekonomi,” kata Rini yang dikutip laman Kominfo Jatim, Sabtu (30/10).

Ditambahkan oleh Rini Indriyani, dalam SFW 2021, ada penampilan menarik dimana seluruh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Surabaya akan ikut menampilkan karya-karya UMKM yang telah didesain oleh para desainer.

Selain itu juga para mahasiswa Internasional tidak ketinggalan akan ikut mempromosikan SFW 2021 melalui media sosial (Medsos), dengan harapan bisa memperkenalkan produk dari Kota Surabaya di negara mereka masing-masing.

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan Kota Surabaya, Wiwiek Widayati mengatakan, bahwa saat ini adalah momentum yang luar biasa, karena Kota Surabaya sudah resmi menjadi PPKM Level 1. Maka, perhelatan SFW 2021 ini diharapkan bisa kembali membangkitkan perekonomian.

Sedangkan dari Pemeritah Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Deputi Direktur Manajemen Strategis, EPK dan Kemitraan Pemerintah Daerah Kantor Regional 4 Jawa Timur Ismirani Saputri menyampaikan pihaknya mendukung penuh kegiatan SFW 2021. Hal ini juga sejalan dalam Surat Keterangan (SK) Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Surabaya, yakni mendukung UMKM yang belum belum memiliki akses keuangan di perbankan maupun di non perbankan.

Untuk mengikuti pameran SFW 2021, para pengunjung harus menerapkan protokol kesehatan. Salah satu contohnya, para pengunjung harus memiliki Aplikasi PeduliLindungi dengan minimal sudah melakukan vaksinasi dosis pertama.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.