(Beritadaerah – Industri & Jasa) Dua kapal milik PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PELNI (Persero), setelah vakum hampir dua tahun akibat pandemi COVID-19, akan berlayar kembali ke Karimunjawa, Jawa Tengah.

KM Lawit dan KM Kelimutu merupakan kapal penumpang PELNI dengan kapasitas sebesar 1.000 pax. KM Lawit melayani rute Tg. Priok – Pontianak – Semarang – Kumai – Semarang – Karimunjawa – Semarang – Pontianak – Tg. Priok. Sedangkan KM Kelimutu memiliki rute pelayaran Surabaya – Kumai – Surabaya – Sampit – Semarang – Kumai – Semarang – Karimunjawa – Semarang – Sampit – Surabaya.

Kedua kapal muatan ini beroperasi kembali dengan pelayaran yang aman dan nyaman sesuai protokol Kesehatan. KM Lawit beroperasi sejak Jumat (29/10/2021). Sedangkan KM Kelimutu pada minggu ketiga November 2021.  Hal ini disampaikan oleh Vice President Pemasaran Angkutan Penumpang PT PELNI Sukendra, Jumat (29/10/2021).

Berlayarnya kembali kapal PELNI menuju Karimunjawa ini juga sebagai tindak lanjut atas audiensi yang dilakukan antara Kementerian Perhubungan, PELNI, Bupati Jepara dan dinas terkait lainnya pada beberapa pekan lalu.

“Sejak hadir pada 2016, jumlah penumpang kapal PELNI yang akan berwisata menuju Karimunjawa terus tumbuh setiap tahunnya. Dengan beroperasinya kembali dua kapal PELNI ini diharapkan dapat menumbuhkan lagi sektor perekonomian dan pariwisata di Kepulauan Karimunjawa,” ujar Sukendra.

Data perusahaan menunjukkan jumlah penumpang kapal PELNI menuju Karimunjawa tercatat sebesar 10.717 pelanggan pada tahun 2019. Jumlah penumpang ini mengalami penurunan di 2020 menjadi sejumlah 1.145 pelanggan, akibat pandemi COVID-19 .

Sebagai informasi, untuk seluruh pelanggan kapal PELNI yang ingin mengetahui informasi terkait hal ini dapat mengakses website resmi perusahaan www.pelni.co.id dan sosial media @Pelni162. Pelanggan bisa juga menghubungi call center 162 dan layanan melalui WhatssApp di nomor 0811-162-1-162 selama 24 jam.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani
Foto: PELNI

 

 

 

Foto : PELNI

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.