(Beritadaerah – Toba) Bupati Toba Poltak Sitorus berterimakasih kepada seluruh anggota Rumah Kreatif Paduan Nauli Toba dimana mereka semua sudah  membuat  hal-hal kreatifitas yang sangat positif, hal ini dilontarkan saat mereka menerima audiensi  Pengurus Rumah Kreatif  di ruang kerja Bupati Toba, Balige.

Di  Desa Sionggang Utara, Kecamatan Lumbanjulu, Kabupaten Toba ini ada banyak komunitas yang  dikenal sebagai pelestari budaya Batak seperti Tortor Batak, musik tradisional, Gorga, Tonun Ulos, makanan ringan khas Batak,  Bupati Toba Poltak Sitorus mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota Rumah Kreatif Paduan Nauli Toba yang sudah membuat suatu hal-hal kreatifitas yang positif.

Hal ini disebutkan Bupati Poltak Sitorus didampingi Wabup Tonny M.Simanjuntak saat menerima audiensi pengurusnya di ruang kerja Bupati Toba, Balige, Selasa (26/10/2021).

Di  Desa Sionggang Utara, Kecamatan Lumbanjulu, Kabupaten Toba  ada beberapa komunitas yang  dikenal dapat melestarikan budaya Batak seperti Tortor Batak, , Tonun Ulos, makanan ringan khas Batak, musik tradisional, Gorga serta kreatifitas lainnya.

Produk bingkai dan foto juga mempunyai  nilai ciri khas Batak.

Komunitas ini dan kegiatannya memang sangat butuh  didukung.  Rumah Kreatif Paduan Nauli Toba memang sangat kreatif sesuai dengan Namanya , karyanya berupa pelatihan, membuat kerajinan tangan, membuat souvernir dan makanan ringan yang bisa dibeli para tourist dibeli kenang2an dan sebagai oleh-oleh.

“Bahkan menurut Bupati , terdapat  juga di sini roti ketawa rasa andaliman. Semua ini membutuhkan kreatifitas yang menciptakan rasa baru pada roti dan lainnya. Kreativitas ini dapat  menambah nilai ekonomi dan menambah nilai UMKM di Toba , khususnya untuk  menyambut wisatawan yang datang ke wilayah Toba yang indah ini.

Tentunya pemerintah Kabupaten Toba akan mensupport melalui berbagai  pelatihan-pelatihan. Yang akan di prioritaskan adalah pada  kreatif seni, budaya, dan ekonomi dengan tujuan untuk  pemulihan ekonomi daerah,

Rumah Kreativ  semakin terdorong untuk melakukan inovasi dan revitalisasi, yang tetap fokus untuk lebih mengutamakan kreatifitas dan inovasi dengan mengolah tradisi melalui eksplorasi dan transformasi, pelatihan, serta pembinaan secara kontinyu untuk mendukung destinasi wisata kawasan danau Toba,.

Pada kesempatan tersebut, Olo Sirait mewakili seluruh anggota Rumah Kreatif Paduan Nauli Toba,  memberikan secara simbolis hasil karya dengan memberikan Bingkai dan foto yang bercorak gorga Batak serta  produk kreatif lainnya seperti  makanan ringan kue  ketawa rasa andaliman kepada Bupati dan Wakil Bupati Toba.

 

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.