(Beritadaerah – Nasional) Kementerian Pertanian dalam hal ini Badan Ketahanan Pangan telah menyusun Indeks Ketahanan Pangan (IKP) nasional tahun 2020. Penyusunan IKP Nasional 2020 dilakukan dengan tujuan mengevaluasi capaian ketahanan pangan dan gizi, serta memberikan gambaran peringkat pencapaian ketahanan pangan setiap daerah di Indonesia.

Berikut ini 10 Kabupaten dengan Indeks Ketahanan Pangan Tertinggi 2020, diperingkat pertama yakni Kabupaten Tabanan, Bali dan peringkat kedua adalah Kabupaten Gianyar, Bali.

Sedangkan diperingkat ketiga yakni Kabupaten Badung, Bali, dan peringkat keempat yakni Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Peringkat kelima adalah Kabupaten Pati, Jawa Tengah dan peringkat keenam yakni Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Sementara itu diperingkat ketujuh adalah Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan. Diperingkat kedelapan yakni Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah dan peringkat kesembilan adalah Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan. Terakhir, diperingkat kesepuluh yakni Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

 

About The Author

Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

6 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.