(Beritadaerah – Tulungagung) Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono didampingi oleh Dirjen Perikanan Tangkap KKP, Muhammad Zaini, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Ermarini melakukan kunjungan kerja di Pantai Sine, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur, Selasa (18/10).

Dalam kunjungan kerja ini Menteri Trenggono mendorong mendorong produktivitas nelayan tradisional di wilayah tersebut serta mendukung pembangunan dermaga dan penerapan kebijakan penangkapan terukur yang rencananya mulai berlaku pada awal tahun 2022. Terkait dengan pembangunan dermaga perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan mengkaji hal ini.

“Saya sudah mintakan pak Dirjen (Perikanan Tangkap) untuk membuatkan dermaga dengan fasilitas, seperti coldstorage, pabrik es, dan tempat pengisian bahan bakar untuk kepentingan nelayan-nelayan tradisional di sini,” ujar Menteri Trenggono yang dikutip laman KKP, Rabu (20/10).

Data dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung saat ini jumlah nelayan di Pantai Sine, Tulungagung mencapai 394 orang dengan total armada kapal sebanyak 170 unit. Kapal yang dimiliki oleh nelayan didominasi ukuran kecil di bawah 7 GT dan yang paling besar berukuran 15 GT.

Hasil tangkap dari nelayan tradisional Pantai Sine yakni tongkol, layur, baby tuna, ikan teri, cakalang,  lobster, layang, dan cumi-cumi. Melalui pengepul, ikan-ikan segar hasil tangkapan dipasarkan di Pasuruan, Surabaya, Kediri dan pasar lokal Tulungagung.

Lantaran keterbatasan sarana dan prasarana termasuk dermaga, nelayan tradisional Pantai Sine terpaksa mendaratkan ikan di Pelabuhan Perikanan Pantai Popoh yang jaraknya cukup jauh. Selain itu nelayan juga harus melabuhkan kapal jauh dari bibir pantai.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi IV DPR Anggia Ermarini menyampaikan dermaga memang menjadi kebutuhan mendesak bagi para nelayan. Keberadaan dermaga akan mendongkrak kualitas mutu ikan serta pertumbuhan ekonomi nelayan di wilayah tersebut.

Ditambahkan oleh Anggia, bahwa kebutuhan dermaga ini sangat mendesak, pihaknya akan mendorong dapat segera diproses pembangunannya sehingga kapal-kapal nelayan dapat merapat ke tepi pantai.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.