(Beritadaerah – Jakarta) Berlokasi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat Presiden RI Joko Widodo meresmikan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Expo Tahun 2021

Apresiasi Presiden diberikan atas inisiatif Apkasi yang dengan cepat menggerakkan perekonomian daerah lewat penyelenggaraan Apkasi Otonomi Expo 2021 ini.

Dikatakan oleh Presiden bahwa sangat baik  diadakannya Otonomi Expo 2021 yang di selenggarakan oleh Apkasi. Hal Ini merupakan awal untuk dapat saling tahu, bekerja sama, memperkokoh kerja sama perdagangan lintas daerah, dan juga sekaligus memperkuat ekspor kita ke negara-negara lain, juga memperluas pasar-pasar ekspor baru.

Presiden pada kesempatan itu menilai masih terbuka lebar bersamaan dengan mulai pulihnya perekonomian di negara mitra dagang Indonesia sehingga setiap jajaran Apkasi dapat memanfaatkan potensi pasar ekspor. Berdasarkan catatan Tiongkok pertumbuhan ekonomi sebesar 7,9 persen, Amerika Serikat 12,2 persen, Jepang 7,6 persen, dan India bahkan tumbuh 20,1 persen.

Dapat dimanfaatkan peluang yang ada untuk mendorong komoditas, produk-produk yang  masuk ke negara-negara tersebut kata Presiden.

Dilihat Pertumbuhan ekspor Indonesia dari nilai ekspor nasional yaitu sejumlah 142 miliar Dolar AS pada periode Januari-Agustus 2021.

Pertumbuhan ekspor sangat bagus yaitu sebesar 37,7 persen year on year (YoY). Sekarang ini hampir semua negara memerlukan komoditas-komoditas, sehingga hal ini  jangan membuat ada daerah yang terhambat, membuat perizinan dipersulit, sehingga tidak mendorong  ekspor  bisa berkembang dengan baik , lanjut Presiden.

Ditekankan juga oleh Kepala Negara untuk jajaran pemerintah di daerah supaya menciptakan suatu iklim usaha yang dapat mendukung peningkatan ekspor produk Indonesia.

Volume ekspor harus terus ditingkatkan, para pelaku usaha diberikan fasilitas sehingga dapat antusias memanfaatkan peluang-peluang ekspor yang ada. Perlu didorong produk apapun untuk mampu berkompetisi melihat peluang ekspor yang ada, sehingga menghasilkan produk negara dikenal dan kompetitif di pasar global, demikian ditegaskan Kepala Negara.

Diharapkan presiden lewat Apkasi Otonomi Expo 2021 ini masing-masing daerah tidak hanya menampilkan produk dan objek-objek wisatanya, tetapi dapat juga memperlihatkan bahwa iklim investasi, kepastian hukum, serta kemudahan perizinan yang didukung oleh online single submission (OSS) sudah berjalan dengan baik

Dengan diselenggarakan Apkasi Otonomi Expo 2021 ini diharapkan dapat meningkatkan investasi di daerah dan juga mempercepat terbuka lapangan-lapangan kerja baru bagi masyarakat untuk menggerakkan ekonomi daerah

 

.

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.