(Beritadaerah – Jakarta) Agar supaya perekonomian  segera pulih dari dampak  pandemi COVID-19 maka Pemerintah berkomitmen untuk terus memperkuat Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).  Insentif pemulihan ekonomi nasional (PEN), Banpres Tunai, Digitalisasi UMKM, dan Akses Permodalan dengan KUR adalah bukti  nyata keberadaan  pemerintah untuk mempercepat pemulihan  dan pemberdayaan UMKM di negara kita ini.

Datangnya pandemi COVID-19 dari  awal 2020 sudah  menyebabkan banyak penurunan profit  di  berbagai sektor, yang salah satunya perekonomian. Dampak ini sangat mengancam pergerakan bisnis para pelaku usaha, dimana  UMKM adalah  salah satu sektor yang merasakan kerugian  terbesar, demikian dikatakan oleh  Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate.

Menurut Pemerintah, UMKM ini harus diselamatkan terlebih dahulu karena  sangat penting bagi perekonomian. UMKM di Indonesia  yang terdampak akibat pandemi COVID-19 kira-kira  sebanyak 87,5 persen.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Bidang Ketenagakerjaan Bob Azam menyatakan bahwa kira-kira sekitar 50 persen dari jumlah UMKM telah hampir menutup usahanya sebagai dampak pandemi. Jika ini terjadi, maka bukan  hanya para pelaku usaha yang mengalami kerugian , melainkan juga para pekerja, debitur, kreditur, dan pihak lain juga merasakan dampak  COVID-19 dalam sektor ini.

Untuk itu  pemerintah  melakukan berbagai usaha  dalam rangka pemulihan dan pemberdayaan dunia usaha. Usaha  yang dilakukan antara lain adalah  meningkatkan akses permodalan dengan KUR, pemberian insentif PEN, mendorong digitalisasi UMKM, memberikan Bantuan Produktif Usaha Mikro, dan berbagai langkah pemberdayaan lainnya.

Berbagai macam program tersebut  dilakukan dengan tujuan walau masih pandemi tapi  dapat meringankan UMKM  , yaitu dapat  menopang dari sisi permodalan, memberikan stimulus, serta mendorong transformasi UMKM dalam pemanfaatan platform digital.

Menkominfo menegaskan bahwa  Pemerintah juga memiliki komitment  dalam mendukung UMKM agar mampu berkembang, bertahan, dan bertumbuh dalam menghadapi tantangan selama pandemi. Juga mengimbau agar masyarakat terus berperan aktif untuk  menolong kebangkitan UMKM kita,  dengan cara membeli  produk lokal serta memanfaatkan karya anak bangsa.

 

 

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.