Pembangunan Sirkuit Mandalika Lombok, PTPP Terapkan Inovasi dan Teknologi

(Beritadaerah – Lombok) PT PP (Persero) Tbk sebagai salah satu perusahaan konstruksi terbesar dan terdepan di Indonesia sedang mengerjakan pembangunan lintasan utama Sirkuit Mandalika sepanjang 4,310 kilometer yang memiliki 17 (tujuh belas) tikungan.

Dalam kunjungan kerjanya di proyek pembangunan Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Jumat (15/10), Wakil Menteri BUMN II Kartiko Wirdjoatmodjo meninjau progress persiapan Sirkuit Mandalika yang dikerjakan oleh PTPP. Wamen II BUMN dalam kunjungannya didampingi oleh Direktur Utama PTPP Novel Arsyad dan Direktur Operasi Bidang Infrastruktur PTPP Yul Ari Pramuraharjo.

Saat ini berbagai persiapan proyek sedang dilakukan oleh PTPP untuk menyambut ajang “World Superbike (WSBK)” yang akan dilaksanakan pada tanggal 19-21 November 2021 mendatang. Adapun lingkup pekerjaan yang dilakukan oleh PTPP, antara lain: Track Lane, Verge, Run off Asphalt, Run off Grass, Gravel Bed, Service Road, Drainage, Concrete Barrier, Tunnel, Race Control, Gantry, Medical Center, Spectator Fences, dan Observation Deck. Sirkuit Mandalika memiliki area paddock yang dapat menampung sampai dengan 50 (lima puluh) garasi. Selain itu, sirkuit tersebut memiliki kapasitas tempat duduk sebanyak lebih dari 50.000 (lima puluh ribu) tempat duduk dan 138.000 (seratus tiga puluh delapan ribu) area berdiri.

Dalam memenuhi spesifikasi khusus di pembangunan proyek Sirkuit Mandalika, PTPP telah menerapkan inovasi dalam sistem pengaspalan, salah satunya menggunakan metode BIM. PTPP dapat menyelesaikan pembangunan lintasan utama MotoGP di Sirkuit Mandalika dengan standar mutu dari Federation Internationale de Motorcyclisme (“FIM”) dengan kategori sirkuit kelas A untuk dapat digunakan dalam event grand prix.

Metode pengaspalan dilakukan secara teliti dan terencana karena pengaturan rute dan ketebalan seluruhnya dilakukan secara otomatis. Pengaspalan dapat terus berlangsung dan tidak ada waktu tunggu untuk suplai hotmix ke finisher. Untuk menjaga mutu, PTPP menggunakan 2 (dua) Paver yang dikendalikan secara otomatis dengan berbasis automatic hydraulic controler dengan alat yang bernama MMGPS untuk mencapai Elevasi dan Super Elevasi rencana yang presisi. PTPP menggunakan 2 (dua) finisher agar tidak terjadi cold join sambungan memanjang.

“PTPP sangat bangga sekali dapat menuntaskan pekerjaan pengaspalan jalan Sirkuit Mandalika dengan kualitas terbaik. Dalam pelaksanaan pengerjaan pengaspalan jalan tersebut, PTPP menerapkan inovasi dan teknologi terkini untuk memenuhi spesifikasi tinggi dari Federation Internationale de Motorcyclisme (“FIM”). Berkat kualitas aspal yang dilakukan, jalan Sirkuit Mandalika diklaim dapat digunakan dengan kecepatan puncak hingga 310 kilometer per jam. Tentunya, tidak hanya dapat digunakan dengan kecepatan tinggi namun Sirkuit Mandalika juga tetap memperhitungkan keamanan para pengguna lintasan dengan sangat baik. Jalan lintasan Sirkuit Mandalika termasuk aman dikarenakan memiliki safety area, seperti Run off Asphalt dan Run of Gravel yang luas,” kata Novel Arsyad yang dikutip laman BUMN, Senin (18/10).

Selain pengerjaan tersebut, beberapa pekerjaan juga dipercayakan PTPP untuk melakukan pekerjaan tambahan seperti Race Control Building, Observation Deck, Medical Center, Helipad, Gantry, dan pondasi Pit Building.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu