(Beritadaerah – Merauke) Banyak produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) diperkenalkan pada acara Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Klaster Merauke . Kegiatan ini dapat membuka banyak peluang setiap produk tersebut dapat laku keras terjual di masa mendatang.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke, Eric Rumlus mengatakan banyak produk hasil UMKM Merauke diperkenalkan pada PON Papua, Kamis ((14/10/2021)

Pihak Pemkab Merauke dalam memaksimalkan program ini maka diadakan Pameran UMKM untuk menjaring para pengunjung PON Papua Klaster Merauke yang berasal dari berbagai penjuru pelosok tanah air. Setiap pengunjung yang hadir dalam pameran tersebut dapat membawa pesan bagi daerahnya masing-masing terkait dengan berbagai produk yang dimiliki oleh Merauke.

Sejumlah 100 UMKM memamerkan berbagai produk hasil karya yang memiliki keunikan khas dari Merauke dalam pameran tersebut. Ada sebanyak 80 UMKM yang menjual barang produk souvenir dan 20 UMKM yang menjual barang dalam bentuk kuliner.

Pengunjung pameran paling tertarik dengan barang – barang souvenir seperti batik khas Papua, noken, dan hiasan kepala. Produk Batik Papua dapat mencapai omzet per hari hingga mencapai Rp8 Juta, paling rendah Rp1 Juta.

Selain itu produk yang paling laku dijual untuk kuliner ialah inovasi kuliner berbahan dasar sagu yakni produk Cendol Sagu dan Bobba Sagu. Kedua produk invatif ini sangat diminati dibandingkan produk lainnya. dikatakan mulai jualan pukul 10.00 WIT hingg 22.00 WIT dipadati oleh masyarakat.

Antusiasme masyarakat terhadap barang lokal sangat tinggi demikian Eric mengatakan. Hal terlihat dari minat masyarakat saat mengunjungi pameran ini dalam beberapa waktu yang lalu. Karen banyaknya pengunjung, para pengelola tempat kerepotan mengaplikasikan protokol kesehatan yang diterapkan selama penyelenggaraan pameran ini. Banyak yang minta agar pameran ini diperpanjang.

Saat ini pihak Pemerintah Kabupaten bekerja sama dengan banyak pihak untuk menetapkan ajang pameran ini secara rutin dalam beberapa waktu ke depan. Bekerja sama dengan dinas provinsi, akan ada uji coba memperkenal ke daerah-daerah wilayah lainnya demikian kata Eric

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.