(Beritadaerah – Yogyakarta) Pelaku usaha di sektor pariwisata wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menerima sertifikat Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan) – CHSE dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Pelaku usaha yang menerima sertifikat CHSE di DIY sebanyak lima yakni Kolona Kitchen and Coffee, Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Museum Gunungapi Merapi, Hotel Kotta GO Yogyakarta, dan De Mangol Resto and Picnic Ground. Program CHSE merupakan inisiasi dari Kemenparekraf bekerja sama dengan PT SUCOFINDO (Persero) sebagai pelaksana proses audit dan sertifikasi.

Inspektur Utama Kemenparekraf, Restog Krisna Kusuma yang didampingi oleh Direktur Utama PT SUCOFINDO (Persero) Mas Wigrantoro Roes Setiyad memberikan sertifkat tersebut saat Rapat Pimpinan Nasional PT SUCOFINDO (Persero), yang juga merupakan rangkaian Hari Ulang Tahun ke-65 SUCOFINDO yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2021.

“SUCOFINDO sebagai salah satu Lembaga Sertifikasi yang terkemuka di Indonesia diharapkan mampu memberikan kontribusi positif dalam menjamin kualitas sistem manajemen, kualitas produk, dan proses pendukungnya agar dapat memberikan jaminan kepada pihak ketiga yang membutuhkan khususnya di masa pandemi ini,” kata Inspektur Utama Kemenparekraf Restog Krisna Kusuma yang dikutip laman Kemenparekraf, Kamis (14/10).

Dijelaskan oleh Restog bahwa salah satu sektor yang terdampak di masa pandemi ini adalah Industri Pariwisata. Oleh sebab itu perlu diambil langkah-langkah strategis untuk menjaga resiliensi industri dan usaha pariwisata salah satunya dengan menerapkan standar protokol kesehatan bagi usaha pariwisata. Dengan sertifikasi dan penerapan protokol kesehatan maka jumlah wisatawan kembali meningkat dan sektor pariwisata bangkit kembali, yaitu melalui inisiasi program CHSE dari Kemenparekraf.

Sementara itu Direktur Utama PT SUCOFINDO (Persero) Mas Wigrantoro Roes Setiyadi menyampaikan bahwa program sertifikat CHSE Kemenparekraf ini, juga selaras dengan komitmen SUCOFINDO dalam upaya membantu pemulihan Ekonomi Nasional.

Ditambahkan oleh Mas Wigrantoro, bahwa pihak SUCOFINDO juga menyampaikan terima kasih kepada Kemenparekraf yang telah mempercayakan kami, untuk berkontribusi membangkitkan kembali industri pariwisata di Indonesia.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

 

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.