(Beritadaerah – Lamongan) Taman Wisata Airlangga di Situs Candi Patakan, Desa Patakan Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan,diresmikan oleh Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Nasyirul Falah Amru, bersama Rektor UNISLA Bambang Eko Muljono dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamongan

Dengan adanya  destinasi wisata ini diharapkan  ini dapat menggerakkan dan memajukan  ekonomi baru bagi masyarakat  mengingat situs Candi Patakan  merupakan situs bersejarah di era raja Airlangga, dan memiliki sejumlah potensi keindahan dan  panorama alamnya.

“Desa Patakan dengan Situs Candinya ini yang tadinya disebut desa sadar wisata , sekarang  dinamakan taman wisata Airlangga dengan latar belakang   tempat singgahnya Raja Airlangga.

Selain itu, Wisata Patakan ini dapat  menjadi sumber inspirasi bagi desa-desa lain dalam mengembangkan  potensinya. Selain itu juga tempat wisata ini adalah cagar budaya yang jadi  bagian dari nilai sejarah yang amat tinggi.

Seperti rencana yang telah dicanangkan,  dengan lebih mendayagunakan  sumber air  yang ada, membuat pemandian atau kolam renang, dan lain-lain. Sehingga hal ini akan menambahkan  meningkatkan minat warga atau wisatawan  untuk datang.

Rektor UNISLA Bambang Eko Muljono menyatakan bahwa  kehadiran  Taman Wisata Airlangga ini akan membuka peluang  besar bagi pelaku usaha kecil menengah dan mikro di Desa Patakan, dengan menawarkan  produk-produk yang unggulan.

UNISLA menghimbau  agar taman dan situs candi ini dijaga oleh masyarakat,  guna menigkatkan kualitas SDM melalui pendidikan. Dalam kesempatan ini  Kepala Desa (Kades) Patakan, Subakri Cahyo Utomo berterimakasih kepada semua yang telah membantu dan bekerjasama dalam menggali potensi desa sehingga masyarakat dapat semakin sejahtera dan pendapatan mereka meningkat.

Kades Subakri menyebutkan, akan lebih memaksimalkan potensi yang ada, seperti  di beberapa dusun yang ada di Patakan ini ada sendangnya dengan mata air yang bagus, sekaligus  dapat digunakan untuk pengolahan air minum mineral.

Selain itu dalam moment ini,  Desa Patakan juga diberi nama baru  sebagai kampung pesilat, hal ini disebabkan  ada sejumlah perguruan silat dimana pemudanya banyak yang aktif dan terlibat.

Dengan adanya peresmian Taman Wisata Airlangga ini tempat wisata ini menjadi lebih semarak juga  ditayangkan  sejumlah kesenian daerah ini dimulai dari seni jaranan, seni beladiri , hingga angklung.

 

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.