(Beritadaerah – Jakarta)  Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono, menyatakan bahwa  dalam mewujudkan keamanan maritim Indonesia harus  bekerja sama dengan pemerintah Daerah Pesisir dan kepulauan, sebab tanpa ada Kerjasama  tak akan terjadi keamanan.

Dalam Munas II Aspeksindo 2021 dengan  tema, “Satu Laut Sejuta Manfaat”  akan merencanakan konsolidasi organisasi dan menetapkan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar dan membuat tujuan  kebijakan pembangunan berdasarkan  kepulauan dan pesisir kearah  masyarakat yang adil serta  maju .

Kasal di hadapan peserta Munas menyatakan  bahwa TNI AL dalam pelaksanaan  menjaga keamanan laut tidak hanya penegakan hukum dan kedaulatan di laut, tetapi juga menjamin pengguna laut bebas dari segala bentuk gangguan dan ancaman berupa ancaman kekerasan (free from violence threat), ancaman navigasi (free from navigational hazard),  serta ancaman terhadap sumber daya kelautan (free from natural resources tribulation), ancaman navigasi (free from navigational hazard), dan ancaman pelanggaran hukum (free from law transgression threat)

Secara umum, Angkatan Laut di seluruh dunia memiliki tiga peran universal yang melekat dalam pelaksanaan tugasnya, yaitu Peran Militer (Military Role), Peran Konstabulari (Constabulary Role), serta  Peran Diplomasi (Diplomacy Role).

“Menyadari akan tugas dan wewenang  yang dimiliki TNI AL, serta berbagai macam  permasalahan maritim yang harus dilaksanakan , maka TNI AL harus selalu  membina kemitraan, dan mendorong instansi terkait lainnya untuk bekerjasama dalam  mengamankan batas-batas NKRI,” demikian diungkapkan oleh Laksamana Yudo.

Pembicara lainnya selain Kasal  dalam Munas II Aspeksindo yaitu Ketua Dewan Pakar Aspeksindo Rokhmin Dahuri, Ketua Umum Aspeksindo Abdul Gafur Mas’ud,  Bupati Belitung H. Sahani Saleh  dan Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman,

Acara tersebut dihadiri juga oleh Wamenkumham RI Edward Omar Sharif, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) / Badan Pertanahan Nasional (BPN) RI Surya Tjandra, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat Kapolda Babel. dan Pejabat Aspeksindo dan Pejabat Teras TNI AL

 

 

 

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.