(Beritadaerah – Jawa) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menetapkan Desa Wisata Sumberbulu di Desa Pendem, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, masuk dalam 50 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Desa wisata ini selain menawarkan paket wisata, pemberdayaan masyarakat dan keaeifan lokal menjadi unggulan.

Selain Desa Wisata Sumberbulu ada beberapa desa wisata di Jawa Tengah yang masuk 50 besar dalam ajang yang digelar Kemenparekraf yakni Desa Wisata Sangiran Kabupaten Sragen, Desa Wisata Pandanrejo Kabupaten Purowerjo, Desa Wisata Dieng Kulon Kabupaten Banjarnegara, dan Desa Wisata Cikakak Kabupaten Banyumas.

Desa Wisata Sumberbulu mengusung konsep memberdayakan masyarakat sekitar, baik dari kalangan karang taruna, petani, dan pelaku UMKM, demikian yang disampaikan oleh Manajer Desa Wisata Sumberbulu, Titin Riyadiningsih.

“Di sini kan tidak punya potensi wisata alamnya, hanya ada pertanian dan sendang (mata air). Jadi, konsep yang kita bawa adalah pemberdayaan masyarakat,” kata Titin yang dikutip laman Jatengprov, Minggu (10/10).

Dijelaskan oleh Titin, Desa Wisata Sumberbulu mulai dirintis sejak tahun 2017 melalui peran masyarakat setempat dengan  pendataan, pemetaan, dan pengembangan. Hingga saat ini Desa Wisata Sumberbulu telah menyajikan tiga paket wisata bagi wisatawan.

Berikut ini paket yang diberikan bagi wisatawan, pertama adalah paket Sumberbulu Experience, di dalamnya ada wisata edukasi, baik pertanian organik, biogas, kerajinan, cooking class dan pembuatan jamu tradisional. Kemudian paket kedua Sumberbulu Adventure Etnic, yang berisi kesenian seperti lesung, reog dan tari. Selanjutnya paket Sumberbulu Adventure Journey dan outbound serta training.

Desa Wisata Sumberbulu memiliki 48 homestay dan area camping ground yang cukup luas yakni 1,5 hektare. Bahkan di wilayah tersebut juga ada beberapa sumber mata air, seperti sendang bulu dan sendang pancuran. Selain itu juga desa ini bekerjasama dengan komunitas jeep dan membuat kegiatan budaya yang dikemas dalam bentuk festival secara rutin.

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf merupakan event pemberian penghargaan kepada desa-desa wisata yang memiliki prestasi dengan kriteria-kriteria penilaian. Event ini bertujuan menjadikan desa wisata Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia dan berdaya saing tinggi. Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 mengangkat tema “Indonesia bangkit”. Tema ini diharapkan dapat mendorong semangat pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di desa wisata untuk kembali bangkit pasca pandemi COVID-19.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.