(Beritadaerah – Tidore) Kepala Dinas Pembinaan Potensi ritim Markas Besar TNI Angkatan Laut (Kadispotmaral) Brigjen TNI (Marinir) Markos, Kamis siang (7/10/2021) telah meresmikan  Pulau Maitara, Kecamatan Tidore Utara, Kota Tidore Kepulauan,setelah itu  mendapatkan julukan  baru sebagai Kampung Bahari Nusantara (KBN).

KBN diresmikan.  di Desa Maitara Tengah dengan penandatanganan Prasasti oleh Kadispotmaral Brigjen TNI (Marinir) Markos. Diikuti  Peresmian Rumah Pintar  dengan penandatanganan Prasasti oleh Danlantamal XIV Imam Musani serta  Peresmian Wisata Hutan Mangrove Ngusu Lenge Pulau Maitara oleh Wakil Walikota Tidore Kepulauan.

Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen, mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas diremikannya Pulau Maitara sebagai Kampung Bahari Nusantara.

Dijelaskannya bahwa Pulau Maitara adalah sebuah pulau kecil, tetapi memiliki potensi yang  besar, dilihat dari sisi alamnya yang indah ,  pantai dan lautnya juga sangat kaya akan keanekaragaman ikan dan karang yang masih terjaga dengan baik. Oleh sebab itu  pulau ini banyak menarik  wisatawan karena keindahan yang ada di pulau ini.

Jugà dijelaskannya  bahwa   sebagian besar masyarakat pulau ini  memiliki mata pencaharian sebagai nelayan, sehingga mereka begitu memelihara.  keindahan dan potensi yang ada di Laut, para nelayan dengan semangatnya mencari ikan di laut Dan tetap jugà  masih bekerja menanam dan merawat pohon mangrove sekitar pantai di pulau tersebut.

Diharapkan  dari pulau ini supaya terjadi  kesatuan  yang terbangun antara Pemerintah Kota Tidore Kepulauan bersama TNI Angkatan Laut terus terjalin di waktu yang akan datang  dan diharapkan nanti kegiatan ini menjadi sebuah sejarah untuk generasi selanjutnya..  Oleh sebab itu  begitu besar perhatian dari TNI Angkatan Laut Republik Indonesia untuk Kota Tidore Kepulauan.

Dengan diresmikannya  kampung bahari nusantara tersebut maka dapat dilakukan  kegiatan Surya Baskara Jaya TNI AL program TNI AL  yang  diselenggarakan  di empat wilayah yakni Tidore, Ternate, Sofifi dan Bacan. Kegiatan tersebut antara lain adalah  vaksinasi, khitanan massal, renovasi tempat umum seperti tempat ibadah, balai nelayan dan renovasi rumah pintar.

Dari kegiatan  Surya Bhaskara   Jaya ini , maka  TNI AL dapat turut serta meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat serta mendukung program Pemerintah dalam mempercepat  pembangunan khususnya di daerah-daerah Kepulauan terpencil  yang kurang terjangkau oleh Pemerintah melalui program kemasyarakatan yang memprioritaskan  pada pembinaan dan pemberdayaan potensi Nasional di Bidang Maritim.

 

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.