(Beritadaerah – Industri & Jasa) Selain mengembangkan olah raga maka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua juga membantu mendongkrak wisatawan datang ke objek wisata yang ada di Kabupaten Merauke. Seperti kita ketahui, Kabupaten Merauke merupakan salah satu klaster penyelenggara PON.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Kabupaten Merauke, Benhur Rentandatu, mengatakan: “PON Papua momentum yang luar biasa sebagaimana sambutan bupati pada pembukaan pameran ekonomi kreatif.  Bahwa kisaran 7800 orang ada di Merauke”.

Tidak hanya 7800 orang kontingen olah raga berada di Merauke, tetapi juga para supporter dukungan dari luar kota datang ke Merauke dalam rangka PON ini. Misalmya fans cabang olahraga (cabor), atau keluarganya hadir ke Merauke untuk menonton enam cabang olahraga yang dipertandingkan di PON.

Sesuai data Dispar Merauke, pada 2020 kunjungan wisata di Merauke sebanyak 18 ribu orang orang, namun dalam kondisi pandemi Covid-19 terjadi penurunan menjadi 4000 orang. Selanjutnya wisatawan mancanegara dari 2000 orang menurun menjadi 102 orang, yang mengujungi objek wisata di Merauke.

Oleh karena itu Benhur berharap PON ini juga memberikan dampak yang luar biasa terhadap pariwisata yang ada di Kabupaten Merauke. Hal ini membantu meningkatkan kunjungan wisatawan yang sangat menurun akibat pandemi Covid-19.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani
Foto: Imigrasi Merauke

About The Author

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.