(Beritadaerah – Jakarta) Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah, salah satunya adalah sektor perikanan. Saat seminar yang digelar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya secara virtual di Jakarta, Senin (4/10), Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi Basilio Dias Araujo mengatakan Indonesia harus menjadi contoh bagi negara lainnya dalam memanfaatkan potensinya.

“Tidak ada negara yang lebih besar dari kita. Maka jangan pernah mencoba mencari contoh ke negara lain, kita harus menciptakan contoh, kita harus menjadi trendsetterr,” kata Deputi Basilio yang dikutip laman Maritim, Selasa (5/10).

Basilio menjelaskan, Indonesia masuk ke dalam 10 besar atau top 10 negara yang memiliki potensi perikanan tangkap di dunia, berdasarkan data dan fakta yang ada. Selain potensi ikan yang kaya, keistimewaan lain yang dimiliki ialah adanya beberapa wilayah pengolahan perikanan. Peluang yang ada ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh kita bersama.

Dengan adanya potensi ini, Basilio mengajak para mahasiswa dan Universitas Brawijaya memikirkan bagaimana cara memanfaatkan potensi besar itu dan membantu nelayan agar mampu meningkatkan hasil tangkapannya.

Basilio memandang potensi pasar ikan tuna global juga sangat menjanjikan bagi Indonesia sehingga besar sekali peluang untuk menguasainya. Sebab, berdasarkan data Statistics International Trade Centre dan The United Nations Commodity Trade Statistics Database (UN Comtrade) nilai ekspor tuna Indonesia pada 2018 masuk peringkat ke-6 dunia, setelah Thailand, Ekuador, Spanyol, Tiongkok, dan Taiwan.

Salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki potensi perikanan yang besar adalah Kabupaten Malang, Deputi Basilio menjelaskan Malang menghadap titik WPP 573 atau wilayah perairan yang dominasi oleh ikan pelagis besar seperti tuna. Sehingga potensi sumber daya perikanannya kaya jika dibandingkan daerah lain di wilayah Jawa Timur.

Sementara itu, Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto menyambut baik atas digelarnya seminar bertema “Fish Processing Products in The Global Food Industry” ini. Wabup Didik memandang ini merupakan bentuk kehadiran dan sumbangsih perguruan tinggi dalam membantu pemerintah untuk memafaatkan potensi yang dimiliki selama ini.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

 

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.