(Beritadaerah – Temanggung) Memperingati Hari Kopi Sedunia tanggal 1 Oktober 2021, Sekolah Kopi Gemawang menggelar beberapa event di Pasar Kliwon Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, pada hari Sabtu (2/10), diantaranya pemberian kopi gratis, edukasi kopi, dan roasting coffee gratis.

Event ini mendapat respon yang baik dan antusiasme dari pengunjung serta pedagang di Pasar Kliwon. Barista dari Sekolah Kopi Gemawang menyajikan kopi gratis dan melayani warga tidak henti-hentinya sejak stand dibuka. Kopi yang disajikan oleh para barista di Sekolah Kopi Gemawang kepada pengunjung yakni jenis arabica asli Gemawang dan robusta.

Salah satu anggota Sekolah Kopi Gemawang Ngateno, mengatakan kegiatan ngopi gratis ini digelar untuk menyambut hari kopi sedunia yang jatuh setiap tanggal 1 Oktober.

“Setiap minggu di Sekolah Kopi Gemawang selalu mengadakan kegiatan, pas kebetulan hari kopi sedunia, kita adakan ngopi gratis di Pasar Kliwon dan Gemawang,” kata Ngateno yang dikutip laman Jatengprov, Sabtu (3/10).

Ngateno tambahkan, untuk kegiatan ngopi gratis ini, pihaknya menyediakan tidak kurang dari 1.000 cangkir kopi. Tidak hanya bisa menikmati kopi gratis, warga juga bisa melihat dan belajar secara langsung cara meramu dan menyajikan kopi yang benar, sehingga kenikmatan kopi Gemawang semakin terasa.

Dengan acara ini, Sekolah Kopi Gemawang berharap dapat menciptakan budaya ngopi secara sehat dan benar. Selain itu acara ini menjadi ajang untuk mengenalkan kopi Temanggung, khususnya kopi Gemawang, sehingga perekonomian warga bisa terangkat melalui kopi.

Dijelaskan oleh Ngateno, pemilihan lokasi pasar, karena tempat perekonomian warga yang ramai, dan juga untuk memberikan edukasi kepada warga bahwa kopi Temanggung yang diolah barista tidah mahal, bisa dinikmati semua kalangan masyarakat.

Salah satu pengunjung pasar Kliwon yang menikmati kopi gratis, Dalmudi menyampaikan rasa terima kasih dengan adanya ngopi gratis ini, karena jadi bisa mengenal dan menikmati enaknya kopi Gemawang. Rasanya kopi yang disajikan secara gratis sangat terasa dan bermutu.

Gemawang salah satu kecamatan di Kabupaten Temanggung dimana daerah ini menghasilkan kopi yang memiliki cita rasa yang khas dan produk kopi Gemawang terus dipromosikan melalui pameran, media sosial, dan lainnya.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.