(Beritadaerah – Tambolaka)  Di Desa Radamata Kecamatan Kota Tambolaka Kabupaten SBD Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (2/10/2021) telah dilaunching  motor listrik karya anak bangsa di halaman rumah Jabatan Bupati oleh  Bupati Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Kornelius Kodi Mete

Bupati SBD, Kornelius Kodi Mete menyatakan, bahwa pihaknya sangat menginginkan Sumba menjadi pulau ekonomi dengan energi terbarukan .

Mereka memang mengharapkan  Sumba ini akan disebut  iconic island  energi terbarukan, oleh karena itu  semua  aspek kehidupan dengan energi terbarukan, seperti  hari ini sudah ditest drive motor listrik, ini sudah menjadi  wujud nyata mimpi mereka , dengan motor listrik mereka  dapat membuat  energi terbaru di Pulau Sumba.

Untuk kedepannya diharapkan , motor listrik akan digunakan baik di kantor-kantor maupun rumah tangga masyarakat.  Sebab  dengan memakai motor listrik berarti sudah menjaga lingkungan alam yang bebas polusi apalagi jika  diikutsertakan  dengan menanam pohon.

Ketua Kadin SBD, Yosep Yanward Uma Kalada mengatakan, bahwa Kadin mensupport  penuh pemerintah dalam  sosialisasi dan promosi motor listrik di tanah air Indonesia, karena motor listrik merupakan  salah satu produk anak bangsa.

Kadin sangat mensupport dengan  motor listrik ini , karena produk ini adalah produk energi baru terbarukan dan karya anak bangsa  yang wajib untuk didukung.

Pengurus Kadin Provinsi NTT, Bobby Liyanto menjelaskan motor listrik adalah juga  kendaraan yang ramah lingkungan, tanpa mengeluarkan asap karena tidak menggunakan bahan bakar minyak, tetapi hanya dengan menggunakan listrik rumah tangga dan tidak sulit pemakaiannya.

Manfaat  lain dari motor listrik gesit ini, biaya pajaknya sangat kecil  hanya 10 persen dari biaya pajak kendaraan roda dua pada umumnya. Kecepatannya  jika digunakan di jalan yang rata dapat mencapai 70 kilometer/jam, sedangkan kalau jalan yang berbukit-bukit dapat mencapai 50km/jam.

Bobby menjelaskan bahwa  saat ini, era motor listrik telah  disosialisasikan  sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo karena motor listrik ini  dapat mewujudkan program langit biru bebas polusi,  tidak memakai oli, tetapi menggunakan energi terbarukan, bebas suara tidak ribut, tidak memakai bahan bakar minyak.

Kadin sangat mendukung pemerintah dalam memasarkan dan sosialisasi motor listrik ini di seluruh tanah air Indonesia, dalam rangka mendukung program langit biru bebas polusi.

 

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.