(Beritadaerah – Semarang) Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang kembali membuka objek wisata Sports Track Hutan Wisata Tinjomoyo. Objek wisata ini sebelumnya ditutup mengingat terus naiknya angka COVID-19 di Provinsi Jawa Tengah. Dengan pembukaan wisata ini, maka Pemkot Semarang juga akan membuka destinasi lain dan fasilitas baru di beberapa objek wisata di Kota Semarang.

Untuk menikmati suasaa Sports Track Tinjomoyo, pengunjung atau masyarakat umum dapat membeli tiket masuk sebesar Rp 4.500 per orang. Wisata ini dibuka setiap hari untuk umum, mulai pukul 07.00 – 16.00 WIB.

Sebenarnya jalur olahraga di tengah hutan kota tersebut telah dibangun sejak 2020. Namun, karena pandemi COVID-19, tidak dipromosikan, demikian yang disampaikan oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.

Walikota Hendrar Prihadi saat di Ruang VIP Balai Kota Semarang menjelaskan setelah mendapat status PPKM Level 2, pihak Pemkot Semarang mulai mengangkat destinasi wisata baru tersebut. Lokasi ini memiliki jalur menantang dan pemandangan indah. Kelengkapan fasilitas untuk menunjang penerapan protokol kesehatan pun disiapkan secara khusus.

“Memang peningkatan sarana prasarana (sarpras) di Tinjomoyo dengan membangun jalur olah raga ini sudah selesai sejak tahun 2020, tapi belum diperkenalkan. Jadi sekarang, kita mulai buka sedikit-sedikit aktivitas, kita perkenalkan,” kata Walikota Hendrar Pribadi yang dikutip laman Jatengprov, Selasa (28/9).

Menurut Walikota Semarang, saat ini wisata di Tinjomoyo memang belum bisa maksimal, karena masih ada pembatasan, tapi kedepan ia berharap, dengan dibukanya destinasi sport tourism ini, perekonomian masyarakat dapat bergerak lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Indriyasari menjelaskan beberapa upaya juga telah disiapkan untuk menggerakkan perekonomian Kota Semarang, dengan memberlakukan penggunaan aplikasi Peduli Lindungi.

Ditambahkan oleh Indriyasari, selain wisata Sports Track Hutan Wisata Tinjomoyo, Pemkot Semarang juga berencana menghidupkan kembali Pasar Semarangan, dimana lokasi tersebut akan dilengkapi fasilitas, mulai dari tempat cuci tangan, ada kamar mandi yang bersih, juga 40 shelter pemberhentian, sehingga pengunjung tidak berkerumun.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.