(Beritadaerah – Jakarta) Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau jalur layang (elevated track) di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, pada hari Minggu (26/9). Proyek jalur layang ini merupakan bagian dari proyek pembangunan jalur double-double track/dwi ganda Manggarai – Cikarang yang dibangun secara terintegrasi untuk kereta komuter Jabodetabek maupun kereta api jarak jauh. Dengan beroperasinya jalur layang di Stasiun Manggarai ini, menjadikan perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek semakin efisien.

Turut hadir bersama dengan Menhub Budi dalam peninjauan jalur layang yakni Dirut PT KCI Roppiq Lutfi Azhar, Direktur PT. KAI Didiek Hartanto, dan Dirjen perkereetaapian Zulfikri.

“Pengoperasian pembangunan jalur layang Stasiun Manggarai diharapkan menambah efisiensi waktu perjalanan kereta komuter maupun perjalanan kereta jarak jauh,” kata Menhub yang dikutip laman Dephub, Minggu (26/9).

Menhub Budi menyambut dengan senang atas selesainya jalan layang ini, sekalipun kondisi pandemi saat ini, proyek ini masih tetap bisa berjalan dengan baik. Kehadiran jalur layang ini akan menciptakan angkutan massal perkotaan yang terintegrasi dan dapat diandalkan.

Dijelaskan oleh Menhub Budi, pembangunan jalan layang ini merubah wajah Stasiun Manggarai semakin menarik seperti halnya stasiun di luar negeri seperti Jepang yang bersih, modern, dan memiliki layanan yang semakin baik. Selain itu, fasilitas Stasiun Manggarai yang memiliki 2 (dua) lantai ini telah dilengkapi dengan eskalator, lift disabilitas, maupun tangga manual.

Terakhir, Menhub menyampaikan apresiasi kepada jajaran Ditjen Perkeretaapian yang telah menyelesaikan pembangunan jalur layang ini dengan baik. Lebih lanjut Menhub berpesan kepada PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) selaku operator dapat menjalankan sarana perkeretaapian Manggarai dengan lebih baik dan efisien.

Sedangkan, Direktur Utama PT. KAI Didiek Hartantyo mengatakan, pihaknya telah melakukan sosialisasi adanya penyesuaian jalur KRL di Stasiun Manggarai. Dimana untuk peron (tempat menunggu kereta) KRL lintas Jakarta-Depok/Bogor atau sebaliknya sudah tidak lagi di bawah tetapi pindah ke lantai 2 (dua) Stasiun Manggarai.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.