(Berita Daerah-Nasional) PON Papua dibuka 5 hari lagi, Ketua Sub Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) Papua, Mathius Awotiauw menjelaskan hari ini, Senin (27/9/2021) di Media Center Kominfo PON Papua Klaster Kabupaten Jayapura persiapan pelaksanaan nya sudah mencapai 98 %.

Pembukaan PON Papua resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada 2 Oktober 2021 di Stadiun Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua. PON Papua akan berlangsung pada 2- 15 Oktober 2021, di 3 Kabupaten (Kab. Jayapura, Kab. Mimika, dan Kab. Merauke). Ada 37 cabang olahraga pertandingan dengan jumlah atlet 6.496 dan sekitar 3.300 ofisial. Untuk 22 cabang olahraga (cabor) akan berlangsung di Kabupaten Jayapura.

Bupati Jayapura, Mathius Awotiauw yang menjadi Ketua Panitia menyatakan sudah dilakukan sinergi dan percepatan pada sejumlah cabang olahraga menjelang pembukaan PON pada 2 Oktober 2021. Untuk cabang olahraga yang dipertandingkan adalah cricket, di Arena cricket Doyo Baru, Kabupaten Jayapura.

Persiapan PON Papua juga memperhatikan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat. Menurut keterangan Bupati Mathius, penduduk Jayapura yang sudah menjalani vaksinasi ada sekitar 57 %, sedangkan persyaratan untuk menonton pertandingan PON maksimal 25 %. Upaya vaksinasi di Kabupaten Jayapura diusahakan mencapai 60. Diharapkan juga semua warga Papua dapat menonton pertandingan PON.

Keperluan akomodasi untuk atlet-atlet di PON Papua sudah diupayakan memenuhi atlet-atlet PON Papua. Bagi para tamu PON Papua, perkiraan tamu yang akan datang di event yang terbesar di tanah air ini ada sekitar 21 ribu – 22 ribu orang. Persiapan akomodasi sekitar 65 % adalah melalui losmen, non hotel yang setara dengan hotel bintang tiga.

Persiapan penting lainnya pihak panitia mengatur standar keamanan atlet PON Papua, dengan melibatkan unsur TNI, Polri dan masyarakat. Kodim 1701 Jayapura menyiapkan 1500 personel pasukan pengamanan penyelenggaraan PON Papua sebelum event berlangsung, selama dan sesudah PON berlangsung.

Bupati Mathius menyampaikan bahwa PON Papua ini pesta olah raga merupakan perhelatan persaudaraan dari seluruh suku dan daerah di Indonesia.

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.