(Beritadaerah – Papua)  Visi dan misi pembangunan Raja Ampat sangat perlu dijabarkan , salah satunya  dengan dilakukan pemerataan jaminan sosial. Hal ini telah dinyatakan oleh  Wakil Bupati Kabupaten Raja Ampa,  Orideko Iriano Burdam di saat  Audiensi dan Penyerahan Piala Paritrana Award tahun 2020  yang  dilaksanakan  di Afu Resort, Distrik Waigeo Selatan, Raja Ampat.

Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan bekerja sama dengan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan telah membuat programnya dengan diadakan Paritrana Award, yang bertujuan   untuk memberikan penghargaan bagi pemerintah daerah  provinsi, kabupaten/kota maupun perusahaan yang peduli serta memberikan jaminan sosial untuk para pekerja.

Orideko Iriano Burdam menjelaskan, visi dan misi pembangunan Raja Ampat dan Bupati Abdul Faris Umlati  adalah Gerakan Membangun Industri Pariwisata dan Ekonomi Masyarakat (Gempar Emas), dimana salah satunya dengan pemerataan jaminan sosial kepada masyarakat .

Oleh karenanya Pemda Raja Ampat mengadakan  kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan agar para pekerja non upah dapat diberikan jaminan sosial.  Program yang telah dilakukan ini membuahkan  Raja Ampat diberi apresiasi sebagai  peringkat pertama  Paritrana Award tahun 2029 dengan unggul dari  514 kabupaten/kota di Indonesia.

Orideko juga  menjelaskan, bahwa yang diberikan jaminan sosial  oleh Pemda Raja Ampat adalah semua  pekerja non upah seperti petani, nelayan dan buruh bangunan termasuk pegawai non ASN.sejak tahun 2016.

Jaminan Sosial yang diberikan kepada mereka  yaitu jaminan kecelakaan kerja  dan kematian..

Sampai saat ini cukup banyak yaitu  21.000 masyarakat pekerja non upah tetap telah terlindungi  oleh program yang bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan tersebut.

Rencana selanjutnya, diungkapkan oleh Orideko, bahwa mereka akan melbatkan pekerja Linmas kampung, pekerja RT/RW, juga pekerja di rumah ibadah seperti gereja dan masjid.

Program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja non upah akan terus dilanjutkan dan dikembangkan lagi sesuai dengan kebutuhan yang ada atau mungkin masih ada pihak pihak yang belum tersentuh.

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.