(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Kota Luwuk yang artinya “Teluk” terletak di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Kota ini adalah salah satu daerah dengan garis pantai yang terpanjang, dan dahulu dikenal sebagai pelabuhan masyarakat bahkan sempat juga menjadi pusat pemerintahan Hindia Belanda karena wilayahnya yang sangat strategis, dan sekarang kota ini pun sangat berpotensi sebagai pintu gerbang masuk Sulawesi Tengah dari arah timur, karena untuk sampai ke kota ini dapat menggunakan 3 jalur transportasi yaitu jalur darat, laut dan udara. Namun, jika anda mau berkunjung dari arah Barat, Palu, jaraknya sekitar 610 km.

Luwuk adalah sebuah kota kecil yang dikelilingi perbukitan dengan hamparan laut biru yang luas terbentang, jika berkunjung ke tempat ini akan banyak menemukan keindahan alam bahari seperti pantai Pandan Wangi, pulau Dua Balantak, pantai Bilalang, pantai Kilo Lima, pantai Minahaki, dan terdapat juga keindahan alam darat seperti air terjun Arjuna, Piala, Laumarang, Dendengan, Salodik, dan tak kalah indahnya adalah perbukitan seperti bukit Keles dan Teletubbies. Selain itu, banyak juga terdapat pemandangan cantik seperti Padang savana dan banyak gua alami.

Kali ini kita akan membahas dua destinasi wisata yang sangat digemari masyarakat Luwuk yaitu Bukit Kasih Sayang dan air terjun Salodik.

Bukit Kasih Sayang

Bukit Kasih Sayang adalah sebuah cafe di bukit Keles. Bukit ini menyuguhkan pesona kecantikan perpaduan antara kota dan pelabuhan. Dari atas bukit ini tampak laut jernih bak permata biru yang mengapit barisan bukit dengan kota kecil yang didalamnya terdapat barisan rumah penduduk yang tersusun rapih, sehingga kemilau sinar kecantikannya tidak hanya dinikmati pada saat siang hari namun juga pada malam hari. Pada siang hari Anda akan melihat kecantikan kota dengan garis pantai yang panjang, sedangkan pada malam hari lampu-lampu kecil yang bersinar bak bintang-bintang di langit menerangi pesona kota ini. Banyak orang yang berkunjung ke kota ini selain menikmati keindahan alam dan segarnya udara, juga kesempatan untuk mengabadikannya dalam jepretan-jepretan kamera ke setiap sudut menarik dari atas bukit ini, maka bagi Anda yang mau menyalurkan hobby fotografinya, tempat ini sangatlah cocok untuk Anda.

Air Terjun Salodik

Wisata pemandian ini terdapat di desa Salodik, kecamatan Luwuk, Banggai, di atas lereng gunung dengan ketinggian 750-1000 mdpl, berjarak 20 km atau 45 menit dari kota Luwuk. Keindahan tempat ini memang seperti sorga kecil yang sangat mengagumkan karena selain dikelilingi dengan hutan tropis yang rindang, juga keunikan air lembut nya seperti tumpahan permata hijau agak keabu-abuan yang mengalir terus melimpah dengan bersusun rapih. Tempat ini sangatlah cocok untuk berakhir pekan dengan keluarga atau sekedar mendapatkan udara sejuk yang sangat menyehatkan badan pastinya.

Menarik bukan? Jadi, jangan sampai tidak berkunjung ke dua tempat wisata ini jika Anda ke Luwuk.

Berlin/Journalist BD
Editor: Handi Fu

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.