(Beritadaerah – Jawa Barat) Program vaksinasi yang dilakukan oleh Provinsi Jawa Barat sampai dengan 23 September 2021, telah divaksin dosis pertama warga Jawa Barat yakni 14.124.624 orang dan dosis kedua sebanyak 7.119.642 orang. Sementara target akhir yang harus divaksin 37.907.814 dan harus selesai akhir Desember 2021.

Untuk pencapaian tersebut Pemerintah Provinsi (Pemprov) Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan sejumlah instansi terkait termasuk kalangan pengusaha, berkolaborasi turun tangan bela negara membantu vaksinasi dengan target 500 ribu orang per hari.

Berbagai program dipersiapkan oleh Pemprov Jawa Barat, seperti mempercepat vaksinasi dan membentuk kekebalan komunal disertai disiplin protokol kesehatan serta pola hidup sehat dan bersih. Tidak hanya di kota-kota besar, percepatan vaksinasi serta herd immunity juga dilakukan di desa yang ada di Jawa Barat jumlahnya mencapai 5.312 desa.

Progam vaksinasi masif di sejumlah desa melalui Gebyar Vaksinasi Jabar Juara bertajuk “MERDEKA COVID-19” dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Provinsi Jawa Barat.

Gebyar Vaksinasi Jabar Juara pihaknya telah melakukan vaksinasi secara masif kepada 52.778 orang di 174 desa, demikian yang dikatakan oleh Kepala DPMDes Provinsi Jawa Barat Bambang Tirtoyuliono.

“Jumlah itu belum termasuk 364 desa yang¬†waiting list, dengan target sasaran 228.282 orang,” kata Bambang yang dikutip laman Jabarprov, Kamis (23/9).

Bambang jelaskan hingga saat ini vaksinasi telah menjangkau 538 desa dengan total potensi orang tervaksin di desa sebanyak 281.060, di mana sebagiannya sudah dicapai. DPMDes Provinsi Jawa Barat juga memberikan pelayanan vaksinasi secara keliling kepada masyarakat, DPMDes memanfaatkan Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara) yang memiliki desain unik. Dengan Maskara warga yang tinggal di desa-desa terpencil dengan mudah memperoleh layanan vaksinasi.

Terakhir Bambang juga menambahkan selain mobil Maskara, Pendamping Posyandu Juara (PPJ) dan Patriot Desa juga ikut digerakkan untuk menyukseskan menuju 37 juta warga Jabar yang divaksin. Saat ini ada lima daerah tertinggi cakupan vaksinasi yakni Kota Bandung, Kota Cimahi, Kota Cirebon, Kota Sukabumi dan Kota Bogor. Sementara lima daerah terendah adalah Kabupaten Bogor, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, dan Kabupaten Cianjur.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.