(Beritadaerah – Semarang) Dalam upaya menarik investasi asing masuk ke Jawa Tengah, sejumlah strategi disiapkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) dan pembangunan sejumlah infrastruktur.

Terkait dengan investasi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima kunjungan dari Duta Besar Denmark untuk Indonesia Mr Lars Bo Larsen di Kantor Gubernur, Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (22/9).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam pertemuan ini menyambut baik kedatangan Duta Besar Denmark untuk Indonesia Mr Lars Bo Larsen. Menurutnya, Denmark menjadi salah satu negara yang aktif berkomunikasi dengan Jateng terkait investasi.

Ditambahkan oleh Gubernur Ganjar, berbagai proyek kerja sama sudah ada antara Denmark dengan Jawa Tengah, di antaranya di Semarang, Cilacap, Karimunjawa, dan Klaten. Saat ini kerja sama di bidang ekspor impor antara Jateng dengan Denmark juga berjalan bagus.

Dalam kunjungan ini Dubes Denmark, Mr Lars Bo Larsen juga menyampaikan bahwa potensi investasi yang ada  di Jawa Tengah (Jateng) telah menjadi daya tarik dari Pemerintah Denmark. Hal tersebut menarik perhatian Pemerintah Denmark untuk meningkatkan jumlah investasi di berbagai sektor di Jateng. Sektor energi dan pengembangan lahan hijau menjadi potensi yang paling diminati.

“Kedatangan kami ke sini untuk membahas soal investasi. Kami tertarik utamanya investasi di bidang energi dan pengembangan lahan hijau di Jateng,” kata Larsen yang dikutip laman Jatengprov, Rabu (22/9).

Ditambahkan oleh Larsen, bahwa sampai saat ini, sudah ada tiga sampai lima proyek besar Pemerintah Denmark di Jawa Tengah. Proyek-proyek itu masih dalam masa pertanggungjawaban ke Pemerintah Denmark. Kedepannya, Pemerintah Denmark masih menunggu kondisi memungkinkan untuk menambah investasi ke Jateng, khususnya yang bersifat private investment dan juga swasta.

Selain energi, menurut Larsen, ada banyak potensi investasi yang dapat dikembangkan di Jateng. Denmark sudah memiliki program JCLEC yang bekerja sama dengan pemerintah Indonesia.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.