(Beritadaerah-Wisata Nusantara) Semau adalah pulau kecil di sebelah barat kota Kupang, provinsi Nusa Tenggara Timur. Lokasinya cukup mudah dijangkau. Satu-satunya transportasi yang tersedia saat ini adalah perahu tempel dari pelabuhan Tenau di kota Kupang. Perahu tersebut beroperasi setiap hari untuk membawa penduduk lokal maupun wisatawan, termasuk juga mengangkut sepeda motor. Tarifnya tidak terlalu mahal kok,
per orang adalah Rp20 ribu, atau jika membawa motor sekitar Rp50 ribu dengan durasi perjalanan kurang lebih selama 30 menit.

(Photo: Ida/Kontributor BD)

Ketika tiba di pulau Semau, jalannya memang tidak terlalu halus dan bahkan di beberapa titik kondisi jalan bahkan belum beraspal, melainkan masih berbatu. Tetapi melihat keindahan pasir putih yang terbentang di setiap sudut pulau Semau it akan membuat perjuangan kita tidak seberapa artinya.

(Photo: Ida/Kontributor BD)

Beberapa pantai di pulau Semau yang terbentang dari sisi utara ke selatan, yaitu pantai Letbaun, pantai Batuinan, pantai Otan, pantai Onanbalu, dan pantai Uitiuhtuan. Bahkan tidak jauh dari pantai Uitiuhtuan terdapat sebuah bukit kecil yang cukup populer bernama Bukit Liman. Kamu bisa singgah lho di puncak bukit tersebut dengan mendaki atau mengendarai motor.

(Photo: Ida/Kontributor BD)

Tidak usah kuatir juga kalau mau menikmati keindahan pantai di pulau Semau sambil menginap semalam di sana. Pemerintah provinsi NTT sudah resmi menyediakan lima penginapan untuk para wisatawan pada bulan Juli 2020 silam yang berlokasi di sekitar kawasan pantai Uitiuhtuan dan Bukit Liman.

Selain itu di sekitar pantai Otan sudah ada hotel dengan nuansa kekayuan. Sehingga ini menjadi kabar baik buat pengunjung yang ingin berwisata ke pulau Semau.

(Photo: Ida/Kontributor BD)

Keindahan pantai dengan pasir putihnya sangat menarik untuk di eksplorasi. Ada banyak spot yang menjadi tempat yang indah untuk mengambil foto atau video. Pemandangan di saat senja juga tidak kalah indah untuk di eksplore.

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.