(Beritadaerah – Jakarta) Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya koperasi Gunung Luhur Berkah (GLB) membawa produk kopi Java Preanger menembus pasar global atau Go Global. Keberhasilan ini diapresiasi oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Dalam satu tahun ke depan produk kopi Java Preanger yang dibawa Koperasi GLB ke Arab Saudi memiliki potensi transaksi ekspor hingga US$1 juta (sekitar Rp14,2 miliar) dengan volume 150 ton, demikian perkataan dari Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Dirjen PEN) Kemendag Didi Sumedi.

Dalam keterangan resmi yang diterima Dirjen PEN Kemendag berkata Sesuai arahan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Kemendag berkomitmen untuk mendorong UKM agar bisa ‘Go Global’. Apresiasi diberikan kepada eksportir Indonesia yang tetap mempertahankan ekspornya meskipun di masa pandemi. pada Senin (20/9/2021).

Koperasi GLB berhasil melakukan ekspor 18 ton kopi arabika Java Preanger yang tumbuh di wilayah Provinsi Jawa Barat, demikiaLn lebih lanjut Dirjen PEN Kemendag menjelaskan

Dikatakan Go Global kopi Java Preanger ini dipimpin oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki didampingi Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Didi Sumedi, Kepala Bank Indonesia Jawa Barat Herawanto, dan Bupati Subang Ruhimat.

Lanjut dikatakan kopi yang diekspor ke Arab Saudi ini melalui proses alami, proses pencucian madu, dan proses pencucian penuh.

Pihak – pihak terkait lainnya dalam keberhasilan Go Global ini tidak lepas dari beberapa pihak yang terkait antara lain Pemerintah Kabupaten Subang dan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) melalui program Desa Devisa Kopi di Subang, demikian Dirjen PEN Kemendag katakan

Kerjasama antara petani, eksportir, dan pemerintah diinginkan dapat terus berlanjut dan semakin meningkat terutama sektor pertanian dan perkebunan untuk mendorong ekspor nonmigas nasional.

Dukungan dan perhatian bagi para buyer produk Indonesia melalui berbagai program terus dilakukan oleh Kemendag. Hal keberhasilan lainnya adalah dengan selalu melakukan hubungan dengan buyer agar mendapat suatu informasi yang benar sehingga terjadi suatu keunggulan komparatif dalam memenangkan pasar Global.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.