(Beritadaerah – Nasional) Perusahaan konstruksi memiliki peran yang sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi dan juga perkembangan pembangunan infrastruktur di Indonesia. Pembangunan proyek konstruksi sangat berkembang saat ini mulai dari pembangunan jalan, jembatan, gedung, rumah, pelabuhan, pabrik dan sarana lainnya.

Menurut data Badan Pusat Statistik dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), jumlah perusahaan konstruksi di Indonesia pada tahun 2021 menurut skala usaha mencapai 203.403 perusahaan.

Berikut ini lima kota di Indonesia yang memiliki perusahaan kontruksi terbanyak sebagai berikut yakni peringkat pertama yakni Medan, Sumatera Utara dengan 4.194 perusahaan, dan diperingkat kedua yakni Jakarta Selatan, DKI Jakarta dengan 4.119 perusahaan.

Sementara itu peringkat ketiga yakni Jakarta Timur, DKI Jakarta dengan 3.897 perusahaan dan peringkat keempat yakni Surabaya, Jawa Timur dengan 3.816 perusahaan. Terakhir di peringkat kelima yakni Makassar, Sulawesi Selatan dengan 3.197 perusahaan.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

 

 

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.