(Beritadaerah – Jember) Kabupaten Jember di Jawa Timur memiliki objek wisata yang dapat dikunjungi bersama dengan keluarga, dan lainnya, seperti wisata alam, wisata kuliner, dan wisata budaya. Secara geografis, bagian selatan Jember memang berbatasan dengan Samudera Hindia dan memiliki sejumlah objek wisata pantai seperti Pantai Pasir Putih Malikan, Pantai Watu Ulo, Pantai Payangan dan lainnya.

Salah satu daerah wisata alam yang saat ini sedang dikembangkan pengelolaannya di daerah pegunungan yakni air terjun tancak, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember saat ini menjalin kerja sama dengan pihak Perhutani Jawa Timur.

Terdapat banyak potensi wisata yang di Jember seperti Papuma, air terjun tancak, dan air terjun bidadari, demikian yang dipaparkan oleh Bupati Jember Hendy Siswanto saat audiensi bersama GM Perhutani Surabaya di Pendopo  Wahyawibawagraha, di jalan Wijaya Kusuma, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat (17/9). Dalam paparannya Bupati Jember Hendy juga di dampingi oleh Kepala OPD terkait.

“Kami akan melakukan kerjasama di semua destinasi wisata, dari Papuma, air terjun Tancak dan air terjun Bidadari. Rencananya kerjasama MoU bisa di tandatangani minggu depan,” kata Bupati Hendy yang dikutip laman Kominfo Jatim, Jumat (17/9).

Dijelaskan oleh Bupati Hendy, target seluruh destinasi wisata bisa beroperasi tahun ini. Berbagai Perbaikan infrastruktur sarana dan prasarana sedang dalam masa perbaikan untuk lebih menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara diperlukan pemindahan perahu-perahu nelayan dari Papuma ke pelabuhan pantai payangan yang akan segera dibangun.

Sementara GM Perhutani Jawa Timur Bertus menyambut baik dan sepakat dengan adanya kolaborasi antara Pemkab Jember dengan pihak Perhutani. Mulai dari sekarang Perhutani akan membentuk tim untuk inventarisasi titik mana yang jadi wisata antara Pemkab Jember dengan Perhutani.

Selain bekerja sama dengan Perhutani, guna mendongkrak perekonomian khususnya di bidang pariwisata, Pemkab Jember juga melakukan inovasi bersama pegiat sosial tourism “Tamasya Bus Kota” meluncurkan angkutan wisata. Pemkab Jember menyiapkan transportasi konvensional seperti angkutan kota, becak, ojek konvensional dan angkutan desa yang bakal membawa wisatawan menuju ke sejumlah objek wisata.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.