(Beritadaerah-Nasional) Pemerintah memperkuat upaya menjaga daya beli masyarakat dan dukungan dunia usaha serta industri terdampak melalui kemudahan ekspor dan impor. Sinergi lintas Kementerian/Lembaga dalam rangka meningkatkan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berorientasi ekspor dilakukan dengan pemberian asistensi.

Untuk itu, Lembaga National Single Window (LNSW) Kementerian Keuangan menyampaikan kolaborasinya dengan Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan UKM, Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai mengadakan Coaching Clinic Peningkatan UKM Ekspor pada Selasa (14/09). Kegiatan virtual yang diadakan dalam rangkaian Pekan INSW 2021 ini memberikan edukasi dan pendampingan kepada para pelaku usaha, agar bisa melakukan ekspor dan berjaya di pasar global.

Coaching Clinic kolaboratif ini disambut antusias oleh peserta. Miko contohnya, pelaku UKM yang memproduksi produk ecoprint semangat menceritakan produknya. Kepada narasumber, dia pun menanyakan negara yang potensial untuk memasarkan produk ecoprint.

Di masa pandemi Covid-19, UKM ditantang untuk menyesuaikan diri, termasuk diantaranya dengan masuk ke pasar digital. Menurut data Kementerian Koperasi dan UKM, melalui Gerakan Bangga Buatan Indonesia, sebanyak 15,3 juta UMKM masuk ke dunia digital pada periode Januari 2020 hingga Juli 2021.

Pemerintah pun akan melakukan berbagai upaya intervensi dalam adaptasi dan pemulihan ekonomi dari hulu hingga hilir. Selain pemberian asistensi, fasilitas fiskal melalui insentif pajak dan kepabeanan, program peningkatan daya saing, pengembangan pasar, pembiayaan ekspor, serta penyediaan akses dan sistem informasi UKM ekspor menjadi upaya Pemerintah mendukung UMKM.

“Dengan berbagai program peningkatan UKM ekspor oleh berbagai K/L yang ada di Indonesia, telah terlihat bahwa Pemerintah hadir mendukung UKM,” ungkap Sekretaris LNSW Muhamad Lukman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.