(Beritadaerah – Purworejo) Daerah pesisir Purworejo, khususnya masyarakat yang tinggal di di Desa Depokrejo Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah kini bisa menikmati aliran listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN). Kebutuhan listrik mereka terpenuhi setelah PLN menyambungkan instalasi listrik dengan daya 555 KVA di wilayah pesisir pantai selatan Purworejo yang juga merupakan area industri peternakan tersebut.

Dukungan pasokan listrik dari PLN sangat dibutuhkan petani untuk mewujudkan pertanian yang modern dan ramah lingkungan. Para petani tidak hanya menggunakan listrik untuk pencahayaan saja, tetapi juga untuk menghidupkan pompa air irigasi, menyalakan alat pengusir hama, dan sebagainya, demikian yang dikatakan oleh Wakil Bupati (Wabup) Purworejo, Yuli Hastuti pada acara penyalaan listrik secara simbolis di Desa Depokrejo, beberapa hari lalu.

Hadir juga dalam acara penyalaan listrik yakni General Manager PLN Induk Jateng DIY M Irwansyah Putra, Manager Pelaksana Pelayanan Pelanggan Magelang Yunarsih, Manager PLN Purworejo Zesyar Erlinda, serta pemilik CV Broiler Farm Family Sutardi dan Danang Watuaji.

Wabup Yuli mengucapkan terima kasih atas pelayanan prima yang diberikan PLN Jateng DIY khususnya PLN Purworejo, sehingga mampu terwujud penyaluran listrik dengan daya 555 KVA di area pesisir Kabupaten Purworejo, yang juga dipergunakan sebagai area industri peternakan.

“Di pesisir Purworejo banyak sekali industri mulai dari peternakan, perikanan, pertanian dan perkebunan yang sangat membutuhkan adanya saluran listrik sebagai pengembangan ke depanya,” kata Wabup Yuli yang dikutip laman Jatengprov, Sabtu (11/9).

Wabup Yuli juga menjelaskan sejak lama listrik belum terealisasi di daerah ini, atas kondisi ini saya prihatin terhadap kondisi para petambak udang di wilayah Ketampang. Mereka masih mengandalkan mesin diesel untuk mencukupi kebutuhan listriknya. Untuk itu Pemkab Purworejo terus berkoordinasi dengan PLN agar progresnya cepat terealisasi.

Sementara itu, General Manager PLN Jateng DIY, M Irwansyah Putra, menerangkan, PLN mempunyai program Electrifying Agriculture yang berfokus pada pengadaan jaringan listrik untuk industri pertanian dan peternakan. Potensi perekonomian masyarakat di pesisir purworejo sangatlah besar dan perlu mendapatkan dukungan untuk pengembangan khususnya dari segi aliran listriknya.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

 

 

About The Author

Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.