(Beritadaerah – Garut) Bupati Garut Rudy Gunawan telah meresmikan Desa Wisata Intan Dewata yang berlokasi di Desa Mekarjaya, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut pada hari Selasa, 7 September 2021..

Bersamaan dengan peresmian desa wisata tersebut, juga diluncurkan Ngumbara Lembur, sebuah konsep yang digagas oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum, Wawan Nurdin, dalam rangka proyek perubahan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II angkatan XI Tahun 2021.

Ngumbara Lembur merupakan sebuah strategi kolaborasi pengembangan desa wisata dengan pendekatan pentahelix dalam Percepatan peningkatan ekonomi daerah melalui implementasi pengelolaan potensi wisata pada desa rintisan menuju “Desa Wisata Tangguh”.

Sebagai Leader Project Ngumbara Lembur, Wawan Nurdin mengungkapkan, programnya ini adalah program untuk mengembangkan desa wisata dengan pendekatan pentahelix dalam rangka meningkatkan ekonomi daerah Kabupaten Garut. Dalam program Ngumbara Lembur ini, desa-desa dibantu oleh unsur Pemerintahan, Akademisi, Pengusaha, Media dan juga unsur yang lainnya.

Pada Kamis, 9 September 2021, Wawan Nurdin mengatakan program Ngumbara Lembur ini desa-desa dibantu oleh pentahelix, ada dari pemerintahan, dari pemerintahan itu kan dari SKPD kalau ada jalan infrastruktur aksesibilitas dari pemerintahan, ada dari akademisi juga ini untuk membantu masyarakat dalam mencerdaskan ataupun menyadarkan tentang pariwisata, terus ada pengusaha, pengusaha ini yang mungkin akan bisa membantu desa dalam membangun pengembangan desa wisata.

Saat ini, jelas Wawan, terdapat 5 desa di Kecamatan Tarogong Kaler yang menjadi pilot project program Ngumbara Lembur yakni Desa Mekarjaya, Desa Jati, Desa Pasawahan, Desa Rancabango, dan Desa Sukajadi.

Di hari peresmian Desa Wisata Intan Dewata masing-masing desa itu sudah mendapatkan masterplan untuk pengemban desa wisata di desa masing-masing, yang diberikan secara langsung oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan.

Wawan berharap dengan program Ngumbara Lembur ini pengelola desa wisata mampu ikut serta dalam mensejahterakan masyarakat, dan juga mampu meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) itu sendiri.

“Harapannya dengan adanya launching Ngumbara lembur ini nanti desa-desa di Kabupaten Garut atau pengelola desa wisata ini menyejahterakan masyarakat jadi dengan ada pengembangan desa wisata jadi ada pekerjaan-pekerjaan dan untuk desanya sendiri ada peningkatan PAD desa.” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.