(Beritadaerah – Nasional) Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo meresmikan Bendung Gilireng dan Bendungan Paselloreng di Desa Arajang, Kecamatan Gilireng, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Kamis (9/9/2021).

Pada kesempatan tersebut, Presiden mengatakan bahwa keberadaan dua infrastruktur bending dan bendungan itu akan membuat Sulsel menjadi lumbung pangan nasional di masa mendatang. Mengingat, infrastruktur ini akan menyediakan kebutuhan air bagi setiap lahan pertanian yang terbentang di sana.

“Sangat bermanfaat untuk mendukung Sulsel sebagai lumbung pangan nasional,” ungkap Presiden.

Dua bangunan ini, lanjut dia, menelan biaya pembangunan mencapai Rp771 miliar. “Butuh suplai air dan air itu akan ada kalau kita memiliki sebanyak-banyaknya bendungan,” kata Jokowi.

Infrastruktur-infrastruktur itu, memilki kapasitas tampung 138 juta m3 dan luas genangan mencapai 1258 hektar. Masifnya bangunan ini, dapat mengairi lahan pertanian sebanyak 8500 hektar.  Kondisi ini besar kemungkinan dapat meningkatkan frekuensi tanam menjadi 2-3 kali. Meningkatkan produktivitas lahan serta akhirnya bisa kita harapkan meningkatkan kesejahteraan petani.

Kedua infrastruktur ini juga mampu menyediakan air bersih bagi sekitar enam kecamatan yang berada di Kabupaten Wajo, Sulsel di masa mendatang. Sekitar 145 liter per detik bangunan ini dapat menyalurkan air baku ke sejumlah wilayah tersebut. Dengan demikian wilayah konservasi yang berada di wilayah Kabupaten Wajo dapat didukung sepenuhnya.

Untuk diketahui, beberapa bendungan yang telah selesai dibangun antara lain:  Bendungan Tukul di Jawa Timur, Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan, Bendungan Napun Gete di Nusa Tenggara Timur, Bendungan Sindang Heula di Banten, Bendungan Kuningan di Jawa Barat, Bendungan Way Sekampung di Lampung, Bendungan Bendo di Jawa Timur, dan Bendungan Paselloreng di Sulawesi Selatan.

Sedangkan bendungan yang sedang diselesaikan antara lain:  Bendungan Karawang di Jawa Barat, Bendungan Ladongi Sulawesi Tenggara, Bendungan Bintang Bano di Nusa Tenggara Barat, Bendungan Ciawi di Jawa Barat, Bendungan Sukamahi di Jawa Barat, Bendungan Tugu di Jawa Timur, Bendungan Gongseng di Jawa Timur, Bendungan Pidekso di Jawa Tengah, dan Bendungan Margatiga di Lampung.

 

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani
Foto: BPMI

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.