(Beritadaerah – Cirebon) Pandemi Covid-19 di Kota Cirebon tengah dalam keadaan melandai. Pemda Kota Cirebon pun mengambil langkah untuk menutup fasilitas isolasi mandiri di hotel, yakni Hotel Langensari dan Hotel Ono’s sejak awal September lalu.

Pemda Kota Cirebon juga mengapresiasi dan memberi penghargaan kepada relawan tenaga kesehatan yang selama ini bersiaga di kedua hotel tersebut. Sebanyak 48 relawan tenaga kesehatan diberi penghargaan, seiring dengan berakhirnya masa pengabdian mereka dalam menangani pasien Covid-19 di dua hotel tersebut.

Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati setelah memberikan penghargaan pada hari Selasa (7/9/2021) mengungkapkan, atas nama Pemda Kota Cirebon mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada relawan tenaga kesehatan yang bertugas di Hotel Ono’s dan Hotel Langensari, serta semua pihak yang terlibat dalam penyediaan fasilitas isolasi mandiri di hotel ini.

Menurutnya, para relawan tenaga kesehatan yang selama ini bertugas di dua hotel tersebut telah menunjukkan pengabdian yang luar biasa untuk kemanusiaan. Ia bersyukur Kota Cirebon kini memasuki masa pelandaian kasus Covid-19 dan BOR (tingkat keterisian tempat tidur di RS) sudah turun, meskipun harus tetap waspada.

Ia menilai bahwa penyediaan fasilitas isolasi mandiri pada dua hotel di Kota Cirebon berhasil menjadi salah satu pendorong untuk mengendalikan kasus Covid-19. Terbukti, kini situasi pandemi melandai. Di Jawa Barat, tidak banyak daerah yang berstrategi dengan penyediaan isolasi mandiri di hotel. Ia mengatakan, di Jawa Barat yang menyediakan fasilitas isolasi di hotel hanya sedikit. Di antaranya Kota Cirebon dengan menyewa dua hotel, dan hal ini efektif.

Namun demikian, Wakil Wali Kota Cirebon mengingatkan kepada semua pihak untuk tetap waspada. Kendati sudah melandai, namun Covid-19 belum seutuhnya hilang. Selain harus tetap menaati protokol kesehatan, beliau juga mengajak masyarakat untuk menyukseskan program vaksinasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, dr. H. Edy Sugiarto, M.Kes menyebutkan, dua hotel yang disewa Pemda Kota Cirebon untuk isolasi mandiri sudah merawat sebanyak 2.060 pasien Covid-19 sejak tahun lalu.

Belakangan, pelandaian kasus Covid-19 membuat fasilitas isolasi mandiri di hotel hanya dihuni tiga orang. Padahal di kedua hotel itu terdapat lebih dari 100 kamar yang disiagakan. Kepala Dinkes Kota Cirebon menyebutkan, saat ini secara keseluruhan ada sekitar 60 orang pasien Covid-19 yang tengah menjalani isolasi mandiri. Ia berharap minggu depan bisa nol kasus.

Kepala Dinkes Kota Cirebon juga menyampaikan Bed Occupancy Rate (BOR) di Kota Cirebon sudah turun signifikan, hingga kurang dari 10 persen. Sementara program vaksinasi Covid-19 terus digenjot dan kini sudah lebih dari 60 persen cakupannya. Sehingga optimistis target herd immunity (kekebalan kelompok) bisa tercapai akhir tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.