(Beritadaerah – Cilacap) Destinasi wisata yang menampilkan keindahan alam dan spot menarik di Kabupaten Cilacap yakni Kemit Forest. Lokasi wisata ini terletak di Desa Karanggedang, Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Kemit Forest merupakan tempat wisata baru di Cilacap dengan sajian alam yang indah dengan panorama hijau serta udara segar. Lokasi ini sangat cocok bagi keluarga untuk melepas kepenatan sehari-hari. Sebelum PPKM destinasi wisata Kemit Forest sempat hits dan ramai dikunjungi.

Dalam pembukaan kembali objek wisata Kemit Forest, di Desa Karanggedang, Kecamatan Sidareja, Senin (6/9), Pemerintah Kabupaten Cilacap menggelar simulasi. Simulasi digelar seiring dengan perkembangan status PPKM level 3 yang disandang Kabupaten Cilacap per awal September lalu.

Destinasi wisata alam itu dipilih sebagai model percontohan karena dinilai telah memenuhi syarat protokol kesehatan. Hal ini sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 38 Tahun 2021, demikian yang dikatakan oleh Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Cilacap, Tri Komara Sidhy Wijayanto.

“Setelah ini kita juga akan ke obyek wisata lain, nanti kita evaluasi sampai hari Jumat. Mudah-mudahan Sabtu bisa dibuka untuk umum dengan kapasitas maksimal 25 persen,” kata Tri Komara yang dikutip laman Jatengprov, Senin (6/9).

Ditambahkan oleh Tri Komara selain Kemit Forest, Pemkab Cilacap akan menyiapkan beberapa objek wisata untuk pembukaan kembali, yaitu pemandian air panas Cipari dan objek wisata pulau Momongan. Selama masa uji coba ini, pengelola destinasi wisata yang bertugas wajib dalam keadaan sehat dan telah mendapatkan vaksin, minimal dosis pertama. Selain itu, pengelola hanya menerima wisatawan lokal. Wisatawan yang datang juga wajib menunjukkan hasil tes antigen negatif dan mematuhi protokol kesehatan.

Untuk menikmati pesona keindahan yang ditawarkan dari Kemit Forest, pengunjung dapat membeli tiket masuk Kemit Forest dengan harga sangat terjangkau yaitu Rp.20.000/orang. Untuk biaya tambahan yang harus dikeluarkan ketika wisata di Kemit Forest yaitu retribusi parkir yakni Rp.3.000/motor dan Rp.5.000/mobil.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

 

About The Author

Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.