(Beritadaerah – Batang) Kabupaten Batang di Jawa Tengah memiliki sejumlah destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan. Salah satu destinasi wisata yang menjadi tujuan wisatawan di Kabupaten Batang yakni Pantai Sicepit. Lokasinya berada di  ujung Barat Kabupaten Batang tepatnya di desa Kasepuhan, Kecamatan Batang.

Pantai Sicepit memiliki garis pantai yang panjang dan luas sehingga sangat cocok buat aktivitas seperti sepakbola atau bermain voli. Pantai Sicepit memiliki pemandangan sunrise dan sunset yang sama-sama indah. Dengan keindahannya pantai yang memiliki potensi wisata ini masih terus dikembangkan. Sayangnya akses untuk menuju pantai sicepit masih berupa jalan bebatuan dan belum beraspal.

Pantai Sicepit menyuguhkan pantai yang masih murni dan alami, dengan udara yang masih segar. Di pesisir pantai ini ditumbuhi oleh pohon cemara yang rindang, bisa dijadikan sebagai tempat berteduh dan sangat cocok dikunjungi bersama keluarga.

Dikutip laman Infopublik, Sabtu (28/8), Pemilik Warung berbentuk kapal pesiar di Pantai Sicepit yakni Casmulyono menyampaikan bahwa kapal pesiar ini telah menjadi salah satu ikon wisata di Kabupaten Batang.

Dijelaskan juga oleh Casmulyono bahwa konsep kapal sendiri terinspirasi dari Bupati Batang Wihaji, karena beliau pernah menyampaikan untuk merubah Pantai Sicepit sebaik mungkin. Sehingga muncullah ide untuk membuat warung dengan bentuk kapal pesiar. Ini adalah bentuk sebagai ikon supaya ada daya tarik bagi pengunjung.

Di Kabupaten Batang saat ini masih dikembangkan wisata alam, sehingga dari kelompok tani dibentuk untuk merancang ide-ide agar Pantai Sicepit ini terus berkembang dan dikunjungi oleh masyarakat.

Ditambahkan oleh Casmulyono, kedepannya semua anggota yang mendirikan lapak dan diwajibkan didepannya ada kapal kecil untuk tempat duduk dan bersantai para pengunjung.

Sementara Ketua Pokdarwis Pantai Sicepit Kasepuhan Batang Solehan menyampaikan, dengan adanya pengelolaan ini, ia berharap tanaman yang ada di sekitar pantai tumbuh dengan baik akan bermanfaat bagi masyarakat. Langkah yang dilakukan saat ini adalah bentuk pemberdayaan masyarakat, dimana mengingat disini untuk pertanian sendiri sudah pasif, sehingga muncul ide untuk mengembangkan wisata di Pantai Sicepit untuk membuat warung berbentuk kapal.

Kedepan, Solehan berharap Pemerintah Kabupaten Batang supaya memperhatikan jalan akses menuju Pantai Sicepit, karena melihat potensi wisata tersebut mempunyai keindahan.

Kabupaten Batang yang masuk dalam garis Pantai Utara (Pantura), memiliki pantai yang karakteristiknya landai dan ombak yang tenang. Selain Pantai Sicepit, Kabupaten juga memiliki pantai yang menarik untuk dikunjungi seperti Pantai Sigandu, Pantai Jodo, Pantai Kuripan, Pantai Ujung Negoro, dan Pantai Cemoro Sewu.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.