Kabupaten Semarang Menambah Tempat Pelayanan Vaksinasi COVID-19

(Beritadaerah – Jawa Tengah) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Semarang bekerja sama dengan TNI/POLRI dan pihak swasta untuk membuka tempat layanan tambahan bagi program percepatan pelaksanaan vaksinasi COVID-19. Penambahan tempat layanan tersebut disampaikan oleh Bupati Semarang Ngesti Nugraha, seusai meninjau pelaksanaan vaksinasi di pabrik jamu PT Sidomuncul, Bergas, Jawa Tengah, Jumat (20/8) siang.

Ditambahkan oleh Bupati Ngesti, bahwa beberapa klinik kesehatan yang dinilai memenuhi syarat akan dilibatkan untuk melayani vaksinasi warga dan akan dilakukan penambahan tim vaksinator di tingkat Puskesmas. Selama ini, sudah ada 26 tim vaksinator, yang tersebar di 26 puskesmas, atau satu puskesmas memiliki satu tim.

“Nantinya akan ditambah menjadi dua tim. Peningkatan pelayanan juga dilakukan di dua RSUD dan RS Ken Saras,” kata Bupati Ngesti yang dikutip laman Jatengprov, Sabtu (21/8).

Bupati Ngesti jelaskan dalam pelaksanaan penambahan pelayanan vaksinasi, pihaknya juga melakukan komunikasi intensif dengan Pemprov Jateng untuk penambahan kuota vaksin.

Terkait dengan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah, Kabupaten Semarang sudah mempersiapkannya, menyusul diterbitkannya Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 34 tahun 2021. Sesuai dengan Inmendagri tersebut, pelaksanaan PTM di sekolah di Kabupaten Semarang belum akan dilaksanakan secara penuh, namun dengan sejumlah pembatasan-pembatasan serta penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Saat ini para pengajar (guru) di Kabupaten Semarang telah mendapatkan vaksinasi lengkap, kecuali mereka yang pada saat pelaksanaan vaksinasi kondisi kesehatannya kurang memenuhi syarat.

Bupati Ngesti juga tambahkan terkait dengan kebijakan dimulainya PTM di sekolah, daerahnya telah mempersiapkan beberapa hal, baik yang terkait kesiapan sarana dan prasarana (sarpras) pendukung prokes di lingkungan pendidikan (sekolah) maupun perlindungan kepada tenaga pengajar.

Menurut data dari Pemkab Semarang, sampai dengan pertengahan Agustus ini, jumlah warga yang telah tervaksinasi dosis satu sebanyak 229 ribu orang atau 27,6 persen dari total sasaran. Sedangkan penerima dosis kedua sekitar 145 ribu orang atau 17,56 persen.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu