(Beritadaerah – Jakarta) Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di halaman Istana Merdeka Jakarta, Selasa (17/8), dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) selaku Inspektur Upacara.

Berdasarkan pantauan dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Presiden Jokowi tampak mengenakan pakaian adat Provinsi Lampung yang didominasi warna merah putih dalam upacara  HUT RI yang ke-76.

Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana dan didampingi Wapres Ma’ruf Amin tiba di mimbar upacara sekitar pukul 09.55 WIB. Upacara dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Presiden Jokowi kemudian mengajak tamu undangan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan. Lalu, dilanjutkan dengan membacakan doa oleh Menteri Agama Yaqut Cholil.

Selanjutnya, para Pasukan Pengibar bendera pusaka (Paskibraka) memasuki lapangan upacara untuk melakukan tugasnya. Adapun yang bertugas mengibarkan bendera adalah Tim Indonesia Tangguh.

Saat bendera dikibarkan, peserta yang hadir dalam upacara tersebut berdiri tegak sempurna dan memberi hormat ke bendera Merah-Putih.

Dalam upacara ini yang menjadi komandan upacara adalah Kolonel Pnb Putu Sucahyadi. Sedangkan Kapten Inf Suryadi Nataatmaja bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka, dan Brigjen Novi Helmy Prasetya ditunjuk menjadi perwira upacara.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

Leave a Reply

Your email address will not be published.