(Beritadaerah – Nasional) Pemerintah telah mengeluarkan beberapa aturan terkait peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia. Menteri Sekretaris Negara Pratikno, yang juga selaku Ketua Panitia Negara Perayaan Hari-hari Nasional dan Penerimaan Kepala Negara/Pemerintah Asing/Pimpinan Organisasi Internasional, dalam video yang ditayangkan pada Minggu (15/8), menyampaikan agar masyarakat dapat hentikan semua kegiatan dan aktivitas selama tiga menit saja pada tanggal 17 Agustus 2021 pukul 10 lewat 17 menit waktu Indonesia bagian barat. Semua warga Indonesia dapat ambil sikap sempurna, berdiri tegak, untuk menghormati Peringatan Detik-detik Proklamasi.

Hal yang sama dihimbau juga oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) kepada seluruh masyarakat Jatim, untuk berhenti selama satu menit dari segala aktivitas, Selasa 17 Agustus 2021 tepat pada pukul 10.17 WIB.

Plt. Kepala Biro Adm. Pimpinan Provinsi Jatim, Aries Agung Paewai mengajak kepada seluruh warga Jatim, untuk turut menjadi bagian yang merasakan bagaimana jelang upacara Kemerdekaan RI.

“Wajib untuk hening sejenak, berhenti sejenak dari aktivitas, untuk kita memperingati detik detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia,” kata Aries yang dikutip laman Kominfo Jatim, Senin (16/8).

Diharapkan, semua aktivitas dihentikan sementara, baik yang sedang bekerja, berkegiatan apapun, bahkan pengendara yang sedang berada di jalan raya. Diharapkan turut menghormati detik detik Proklamasi. Masyarakat dapat mengikuti secara virtual detik detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Sebagai penanda detik detik Proklamasi tersebut, Aries berharap ada bunyi bunyian, apakah lonceng, ataupun sirine yang menyala bersamaan. Sehingga dapat segera dipahami oleh masyarakat. Sehingga, semua masyarakat tahu, bahwa aktivitas itu harus berhenti selama satu menit.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.