(Beritadaerah – Semarang) Saat peresmian Kampus UMKM Shopee di Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu (15/8), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap adanya kampus ini akan memudahkan para pelaku UMKM untuk lebih tangguh.

Acara peresmian Kampus UMKM Shopee juga bertepatan dengan Hari Jadi ke 71 Provinsi Jawa Tengah. Saat ini problem UMKM di Jawa Tengah yang terus ditemukan hingga hari ini adalah kendala pemasaran, kerja sama dengan Shopee ini bisa mendorong pelaku UMKM di Jawa Tengah melompat naik dan terkenal demikian yang disampaikan oleh Gubernur Ganjar dalam konferensi pers usai peresmian, di Hetero Space UMKM Jawa Tengah, Banyumanik, Semarang.

“Sehingga pada kesempatan ulang tahun ke-71 Jawa Tengah ini, saya ambil tema Jateng Tangguh. Maka mereka semua juga harus tangguh, termasuk UMKM-nya harus tangguh,” kata Ganjar yang dikutip laman Jatengprov, Minggu (15/8).

Ganjar berharap, ke depan kampus UMKM seperti ini juga tersedia di daerah lain, Sehingga, UMKM di Jateng makin tangguh dan bisa bangkit, meski di masa pandemi.

Sementara itu, Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, Kampus UMKM Shopee ini merupakan wujud komitmennya dalam mendukung para pelaku UMKM di Jawa Tengah. Selain di Semarang, Kampus UMKM Shopee juga sudah diresmikan di Solo pada Mei 2021 lalu. Direncanakan UMKM Shopee akan menambah Kampus UMKM di lima titik di Jawa Tengah. Harapannya, inisiatif ini bisa meningkatkan literasi digital bagi total 700.000 UMKM di Jawa Tengah.

Sebagai informasi, di Kampus UMKM Shopee itu tersedia fasilitas mumpuni yang bisa digunakan secara gratis oleh pelaku UMKM di Jawa Tengah. Antara lain, studio foto produk, pusat edukasi, simulasi gudang hingga ruang live streaming.

Selain itu juga dilengkapi dengan serangkaian program pembinaan dan fasilitas yang mengakomodasi seluruh kebutuhan bisnis para pelaku UMKM. Mulai dari edukasi, penyaluran pendanaan, pemasaran online hingga sistem inventori dan pengiriman barang terintegrasi.

Kampus UMKM Shopee didirikan oleh Shopee Indonesia untuk menyediakan fasilitas bagi para pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnisnya dengan memulai berjualan online. Kampus UMKM Shopee Ekspor berharap untuk merangkul lebih banyak lagi pelaku usaha lokal agar dapat berjualan online dan membangun bisnisnya bersama Shopee. Saat ini telah ada 2 Kampus UMKM yakni Jl. BKR No.27, Pasirluyu, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat dan Jl. Hasanudin No. 98, Punggawan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.