(Beritadaerah – Nasional) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama DPR RI menyelenggarakan forum diskusi publik secara online dengan judul “Menyelematkan UMKM Lewat Ekonomi Digital” pada Sabtu (14/8). Hadir juga dalam forum tersebut sebagai nara sumber yakni Staf Khusus Menteri Kominfo R Niken Widiastuti, Wakil Ketua DPR-RI Aziz Syamsudin dan Anggota DPRD Provinsi Lampung Ferdy Ferdian Azis.

Staf Khusus Menteri Kominfo R Niken Widiastuti mendorong digitalisasi di berbagai aspek ekonomi, termasuk dalam sektor perdagangan melalui daring. Kominfo mendorong beragam aplikasi yang tercipta dapat memudahkan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) tetap produktif di tengah merebaknya wabah global COVID-19. Para pelaku UMKM dalam negeri merupakan tulang punggung perekonomian bangsa.

“Ke depan Indonesia bisa menciptakan aplikasi-aplikasi untuk keperluan ataupun melayani masyarakat Indonesia, termasuk pelaku UMKM,” ujar Niken yang dikutip laman Kominfo Jatim, Sabtu (14/8).

Dijelaskan oleh Niken, syarat utama para pelaku UMKM tersebut beralih digital, adalah dengan baiknya kualitas jaringan telekomunikasi seluler yang berada di berbagai wilayah pelosok negeri. Sehingga, para pelaku UMKM dapat menggunakan teknologi internet untuk berbagai kegiatan produktif seperti dagang daring di masa mendatang.

Dengan dukungan dari DPR RI, saat ini Kementerian Kominfo tengah gencar melakukan pembangunan infastruktur telekomunikasi berkualitas. Dari mulai pembangunan proyek palapa ring yang tersambung dari ujung barat hingga timur Indonesia. Kemudian, adanya satelit Satria yang sedang dipersiapkan oleh pemerintah dalam mengoptimalkan jaringan telekomunikasi berkualitas di tanah air.

Selanjutnya, Kominfo menggandeng Kementerian Koperasi dan UKM untuk membuat program UMKM Go Online. Dalam program tersebut, kedua instansi ini melakukan pendampingan terhadap setiap UMKM, agar setiap produk yang dijajakan oleh pelaku UMKM di atas dapat menjangkau masyarakat yang berada di dalam negeri hingga luar negeri melalui pasar digital.

Setiap produk UMKM yang memiliki potensial yang mampu menarik perhatian masyarakat dalam maupun luar negeri akan mendapatkan pendampingan secara intensif dari kedua instansi. Sehingga, para pelaku UMKM yang memiliki produk potensial bisa mengoptimalkan jangkauan promosi produknya hingga dalam dan luar negeri di masa mendatang.

Ditambahkan oleh Niken, saat ini Kementerian Kominfo mempunyai program UMKM Go Online adalah program untuk pendampingan bagi UMKM agar mereka bisa masuk ke marketplace. Program ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari para pelaku UMKM dalam negeri. Indikatornya, terlampauinya target jumlah UMKM yang beralih ke ruang digital. Tercatat, target Kominfo pada 2020 sebanyak 6 juta pelaku UMKM yang beralih ke digital, justru malah sebanyak 9 juta pelaku UMKM yang malah beralih digital.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR-RI Aziz Syamsudin menyampaikan masa depan kewirausahaan digital bisa menjadi salah satu faktor yang akan banyak memberikan kontribusi positif pada penguatan perekonomian Indonesia. Prediksi Bank Indonesia mengenai UMKM, bahwa transakasi UMKM tahun 2021 ini bakal tumbuh mencapai 33%.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.